Sukses

Cara Melafalkan Mixue yang Benar, Perhatikan Posisi Bibir dan Gigi

Bagaimana melafalkan kata Mixue yang benar?

Liputan6.com, Jakarta - Mixue Ice Cream & Tea di Indonesia telah ada kurang lebih 300 gerai sejak kehadirannya pada 2020 lalu di Cihampelas Walk, Bandung. Kini, gerai-gerai tersebut telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Kehadiran Mixue semakin disambut masyarakat dengan adanya sertifikat halal dari MUI yang telah diterimanya pada Rabu (15/2/2023).

Meski kehadirannya sudah ada sejak tiga tahun lalu, namun hingga kini masih banyak orang yang salah melafalkan namanya.

Sebuah akun di aplikasi TikTok @chinese_otodidak membagikan ilmunya kepada masyarakat agar tak salah lagi dalam pengucapan kata Mixue.

"Jadi masih banyak yang salah kalau ngomong merek ini. Banyak banget yang ngomongnya Miksue, Mix Ku, Miksu," ungkap wanita berhijab hitam tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melafalkan

Wanita ini pun mengajari cara melafalkan kata Mixue yang benar. Ia juga memberitahu kata yang salah pengucapannya.

"Cara ngejanya itu mi plus xue. Nah jadi cara melafalkannya harus mi (madu) xue (salju), bukan miksu, miksue, bukan seperti ini juga mi shui," lanjutnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Posisi Bibir Penting

Ditambahkannya bahwa untuk bisa mengucapkan kata Mixue yang benar, posisi bibir juga penting.

"Jadi bibir agak lebar, dan gigi kelihatan. Kalau u pasti bibir kita agak (menutup), huruf x bertemu u otomatis dibaca xu bukan shu. Kalau kita salah ngomong pakai huruf u pasti shu sama zhu," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Sejarah

Mixue Ice Cream & Tea, adalah sebuah perusahaan waralaba yang menjual es krim sajuan lembut dan minuman teh asal Zhengzhou, Henan, Tiongkok, pada Juni 1997, dilansir Wikipedia. Hingga 2023, gerai Mixue di tempat asalnya kurang lebih ada 21.581.

Pada Mei 2021, media setempat melaporkan terjadi manipulasi tanggal kadaluwarsa bahan baku produksi di tiga gerai Mixue di Zhengzhou, Jinan, dan Wuhan. Akibatnya 35 gerai harus dievaluasi, 3 gerai ditutup sementara, dan 9 gerai mendapatkan sanksi administratif.

Pada Agustus 2022, seorang wanita mengaku menemukan beberapa serangga dan telur saat minum produk teh yang dijual Mixue.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.