Sukses

Respons Jokowi Saat Ditanya Keinginan Kaesang Pangarep yang Ingin Terjun ke Dunia Politik

Kaesang Pangarep sebelumnya diberitakan tertarik untuk terjun ke dunia politik.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, menyatakan niatnya untuk terjun ke dunia politik. Kaesang pun sepertinya sudah mendapat restu dari ayahnya.

Namun, Jokowi menyerahkan semua keputusan itu kepada Kaesang lantaran sang putra telah menikah dan memiliki keluarga.

"Saya memberikan kebebasan kepada seluruh anak-anak saya untuk menentukan pilihan karier bagi hidupnya. Karena mereka sudah berkeluarga termasuk kepada Kaesang," ujar Presiden Jokowi, seperti dilihat dalam tayangan BTV, Selasa (31/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Campur Tangan

Presiden juga menyatakan tidak pernah campur tangan atas pilihan partai yang akan dipilih Kaesang bila memang nantinya terjun ke partai politik.

"Biarkan dia yang memutuskan ke mana dia ingin berlabuh karena saya juga enggak yakin dia serius atau enggak ngomong seperti itu (terjun ke politik)," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Partai

Presiden juga menegaskan bahwa tak pernah memberikan usulan partai yang dipilih anak-anaknya adalah partai politik yang sama dengannya, yakni PDI Perjuangan.

"Saya selalu memberikan kebebasan kepada anak-anak saya, termasuk Kaesang, bila memang serius terjun ke politik karena itu akan menyangkut karier dan kehidupan ke depan dia karena mereka sudah berkeluarga," tandasnya.

 

4 dari 4 halaman

Keinginan

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir Antara, Selasa (24/1/2023).

Meski demikian, dia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.