Sukses

Ditanya Rencana Masuk Politik, Ini Respons Kaesang Pangarep

Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik

Liputan6.com, Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep enggan menanggapi rencana masuk ke dunia politik. Kaesang menolak menjawab pertanyaan wartawan ketika ditemui usai acara perayaan Imlek Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Kaesang ditanyakan mengenai partai politik mana yang ingin ia gabung. Dan apakah berniat maju ke Pilkada Solo 2024.

Kaesang hanya berlalu dan menghindari awak media. "Kalian ini menganggu kenyamanan istri saya," ujar Kaesang yang ditemani sang istri, Erina Gudono.

Kemudian, ia tetap berkukuh tidak ingin menjawab pertanyaan awak media. "Permisi ya, misi, permisi mau makan malam dulu," ujar adik Gibran Rakabuming Raka ini.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir Antara, Selasa (24/1).

Meski demikian, dia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Saya Beri Kebebasan, Tak Mempengaruhi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sudah mendengar keinginan sang putra bungsu, Kaesang Pangarep soal keinginannya terjun ke dunia politik. Dia menegaskan, tidak akan ada intervensi apapun yang akan dilakukan terhadap suami dari Erina Gudono tersebut.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberi kebebasan, saya tidak mempengaruhi," kata Jokowi di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Menurut Jokowi, tindakan dan keputusan Kaesang sudah harus berdasarkan keyakinan pribadinya. Sebab, Kaesang saat ini sudah berkeluarga dan bisa memutuskan tindakan terbaiknya.

"Sudah bisa memutuskan karena mereka sudah punya keluarga sendiri, harus tanggung jawab bisa memutuskan sendiri dan saya tidak ikut-ikut," jelas Jokowi.

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.