Sukses

Kaleidoskop 2022: 9 Artis Terjerat Kasus Hukum, KDRT Rizky Billar Paling Menyedot Perhatian Selain Crazy Rich yang Disorot Media Asing

Artis Tanah Air sepanjang 2022, banyak yang bersentuhan dengan kasus hukum. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2022, banyak artis Tanah Air yang bersentuhan dengan hukum. Ada yang kena tipu, merasa dirugikan, bahkan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pun menjadi masalah dalam kehidupan mereka. Masih ingat kan soal aksi Rizky Billar?

Lantaran sudah tak kuat menghadapinya sendirian, atau memang yang dicari tak juga memberikan respons maka tindakan terakhir melaporkannya. 

Kasus-kasus hukum yang dihadapi para selebritas ini ada yang sudah berakhir damai, atau vonis penjara. Tapi ada juga yang memang hanya menjadi saksi dalam kasus tersebut.

Siapa saja mereka yang terlibat? Berikut rangkuman Liputan6.com untuk Kaleidoskop 2022 yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Rizky Billar

Rizky Billar dilaporkan sang istri, Lesti Kejora karena kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Dalam kronologi yang diungkapkan bahwa KDRT terjadi lantaran Leti mengetahui Rizky Billar selingkuh.

Rizky yang emosi sampai mendorong, menyeret dan menyekik istrinya. Pesinetron Jodoh Wasiat Bapak ini hampir saja memakai kemeja oranye. Namun Lesti mencabut laporannya dan berakhir damai.

 

3 dari 10 halaman

2. Krisna Mukti

Krisna Mukti dilaporkan oleh Tessa Mariska ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan menggelapkan uang arisan senilai Rp724 juta, pada 6 Juni 2022 lalu.

Tak terima atas tuduhan tersebut, ia menggugat balik Tessa dengan nomor laporan LP/B/2758/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Krisna menyebutkan bahwa tudingan tersebut mengada-ada. Ia mengklaim mengalami kerugian usai dilaporkan beberapa waktu lalu.

 

4 dari 10 halaman

3. Jamal Mirdad

Lama tak terdengar kabarnya, nama Jamal Mirdad kembali menjadi perbincangan. Kali ini mantan suami Lydia Kandou dikabarkan terlibat kasus dugaan penipuan dan penggelapan sertifikat rumah.

Ayah dari Nana dan Naysila Mirdad ini dilaporkan oleh Firdaus Nuzula pada 4 Februari 2022 dengan nomor LP/B/629/II/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

 

5 dari 10 halaman

4. Atta Halilintar

Atta Halilintar sempat mendapat panggilan polisi terkait kasus robot trading Net89.

Atta Halilintar diduga terlibat robot trading diduga lelang bandana yang terjual seharga Rp2,2 miliar oleh founder Net89, Reza Paten.

 

6 dari 10 halaman

5. Taqy Malik

Nama selebgram Taqy Malik, juga menjadi salah satu yang terseret kasus dugaan robot trading Net98 milik Reza Paten. Mantan suami Salmafina Sunan ini dianggap menerima aliran dana sebesar Rp700 juta atas lelang sepeda brompton.

Dana tersebut telah digunakan Taqy Malik untuk membangun masjid di kawasan Bogor. Ditegaskan Taqy bahwa dirinya tidak terlibat kasus robot trading Net98, dan baru mengenal Reza Paten saat pelelangan sepeda.

 

7 dari 10 halaman

6. Indra Kenz

Indra Kenz menjadi tersangka kasus trading Binomo. Banyak orang yang telah dirugikan oleh selebgram ini Sehingga tak sedikit yang melaporkannya ke pihak berwajib pada 3 Februari 2022 karena mengalami kerugian mencapai Rp2,4 miliar.

Pria yang sempat dijuluki Crazy Rich Medan dan mendadak jadi artis atau selebriti ini pun menjalani hukuman selama sidang perkara. Dan ia divonis 10 tahun penjara, dengan denda Rp5 miliar. Bila tidak dibayarkan ganti dengan pidana selama 10 bulan.

 

8 dari 10 halaman

7. Doni Salmanan

Hal serupa juga dilakukan Crazy Rich lainnya dari Bandung, yaitu  Doni Salmanan. Ia dinyatakan bersalah dalam kasus penipuan investasi Binary Option Quotex. Kasus investasi bodong seperti ini jadi sorotan media asing. 

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, menjatuhkan hukuman selama 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan. Doni terbukti melanggar Pasal 45 A (1) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Eletronik (ITE).

Majelis hakim tidak mengabulkan permintaan JPU tentang resititus pengembalian kerugian yang dialami korban sebesar Rp17 miliar. Bahkan, barang bukti yang merupakan aset terdakwa yang sempat disita diputuskan untuk dikembalikan kepada terdakwa.

 

9 dari 10 halaman

8. Kartika Putri

Keluarga Kartika Putri menjadi korban mafia tanah. Ada tujuh oknum yang telah menggelapkan aset tanah warisan mendiang ibundanya.

Kartika Putri mengalami kerugian dari aset tersebut sebesar Rp10 miliar karena sudah ada kuasa jual akta atas nama dirinya dan kedua saudara kandungnya.

Kartika Putri dan kedua saudaranya pun sepakat untuk melaporkan mereka ke Polres Bogor. Ia melaporkan dengan Pasal 266 juncto Pasal 385 KUHP.

 

10 dari 10 halaman

9. Dara Arafah

Dara Arafah melaporkan kasus pencurian yang dialami di rumahnya ke Polres Jakarta Utara, 6 September 2022. Pelakunya merupakan Asisten Rumah Tangga (ART) nya yang berinisial M.

Selebgram ini mengaku alami kerugian sebesar Rp700 juta yang ada di dalam brankas yang diambil ART nya.

Tak butuh waktu lama, polisi berhasil meringkus M dan kekasihnya yang berkomplot mengambil brankas milik Dara Arafah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini