Sukses

Erina Gudono Jalani Prosesi Dulang Pungkasan, Simbol Tanggung Jawab Terakhir Orangtua kepada Anak

Liputan6.com, Jakarta Beberapa menit jelang akad nikah, Erina Gudono mengunggah sejumlah foto prosesi dulang pungkasan. Bagi masyarakat Jawa, ini salah satu prosesi paling mengharukan.

Diambil dari kosakata bahasa Jawa, dulang berarti menyuapi. Pungkasan, artinya kali terakhir. Dalam prosesi ini, calon istri Kaesang Pangarep disuapi ibunda, Sofiatun Gudono.

Setelah ini, ibunda tak akan menyuapi lagi karena Erina Gudono tidak lagi di rumah melainkan ikut suaminya. Dulang pungkasan menandai kali terakhir Erina Gudono sebagai anak.

Setelahnya, ia akan menjadi istri sekaligus ibu bagi keturunannya kelak. Berlangsung singkat, prosesi ini diunggah di akun Instagram pribadi Erina Gudono, Sabtu (10/12/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dulang Pungkasan

Upacara Dulang Pungkasan bermakna pemberian suapan terakhir, ritual pernikahan adat Jawa ini melambangkan tanggung jawab terakhir orang tua terhadap anaknya,” tulisnya.

Mengakhiri status teks, calon menantu Presiden Jokowi melantun harapan, “Semoga setelah ini Erina bisa menjadi pribadi lebih baik lagi dalam menjalani rumah tangga.”

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Upacara Siraman

Dalam unggahan sebelumnya, Erina Gudono menjalani siraman yang dihadiri permaisuri Keraton Yogyakarta, GKR Hemas. Ia turut menyirami tubuh Erina Gudono dengan air kembang.

Upacara Siraman, Jumat 9 Desember 2022. Diharapkan upacara ini menjadi simbol pembersihan hati dan jiwa dalam melangkah ke jenjang baru pernikahan. Mohon doanya teman teman,” Erina Gudono mengabarkan.

 

4 dari 4 halaman

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Sabtu (10/12/2022), Erina Gudono dan Kaesang Pangarep menggelar akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Akad nikah dijadwalkan pukul 13.00 WIB.

Presiden Jokowi menunjuk dua menteri sebagai saksi nikah putra bungsunya, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara RI, Pratikno.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS