Sukses

11.800 Personel TNI dan Polri Amankan Pernikahan Kaesang Pangarep, Persiapan Sejak 3 Minggu Lalu

Liputan6.com, Jakarta Jenderal TNI Andika Perkasa sidak ke Solo untuk menggelar sejumlah evaluasi sistem keamanan jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Yogyakarta serta Solo, pekan ini, Kamis (8/12/2022).

Andika Perkasa menjelaskan, ia memantau rute dari rumah keluarga Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta, hingga kawasan Loji Gandung yang dijadikan lokasi ngunduh mantu Presiden Jokowi.

Ia mengakui, terdapat sejumlah kekurangan dari jumlah personel hingga alat pengaman seperti metal detector. Andika Perkasa bergerak cepat menambal kekurangan mengingat pernikahan Kaesang tinggal hitungan hari.

Persiapan pengamanan dicicil dari tiga minggu lalu. “Kita mulai proses ini sejak tiga minggu lalu. Perencanaan, Bapak Pangdam paparan ke saya di Jakarta, kita koreksi, diperbaiki, kembali lagi paparan sampai tiga kali,” kata Andika Perkasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dari Sleman ke Solo

“Tadi rute mulai dari Sleman, rumah calon mempelai wanita kan di Sleman. Dari Sleman, masuk Klaten, masuk ke Boyolali, ke Surakarta. Itu sepanjang rute saya temukan beberapa evaluasi. Ada beberapa kekurangan personel, kita hadirkan lagi sekitar 300 personel,” urainya.

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Berita Surakarta, Jumat (9/12/2022), Andika Pratama kemudian membocorkan lapisan pengaman di Loji Gandrung yang diperkuat Paspampres.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Amankan Loji Gandrung

“Baru kita mulai dari Loji Gandrung, di situ ada ring 1 yang di bawah Paspampres. Ring 2 dan ring 3 di bawah Pangdam, itu juga ada beberapa evaluasi,” urai Andika Perkasa kepada para jurnalis.

Personel yang akan mengamankan prosesi pernikahan ini mencapai belasan ribu. Diharapkan, rangkaian prosesi pernikahan dari pengajian hingga syukuran di Puro Mangkunegaran Solo berjalan mulus.

 

4 dari 4 halaman

11.800 Personel

“Total yang kita libatkan untuk TNI, 9.600. Tapi total dengan Polri yang di bawah Kogab Terpadu tamu VVIP itu total ada 11.800 personel,” Andika Pratama menerangkan.

“Dari Kostrad kita hadirkan, dari unsur Angkatan Udara dan Laut kita hadirkan juga. Intinya kita buat organisasi yang bisa melakukan tugas pengamanan dengan segala macam antisipasinya,” pungkasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS