Sukses

Review Film Contorted: Perempuan Berbaju Merah Tebar Teror dari Garasi Rumah, Bikin Ketar-ketir

Liputan6.com, Jakarta - Contorted menyodorkan premis klise yang sering kita saksikan di setumpuk film horor lokal maupun interlokal alias mancanegara, yakni pasutri mengajak anak-anak pindah ke rumah baru. Apes, rumah baru yang dihuni ternyata angker.

Tak ada yang salah dengan premis semacam ini asal plot dijaga saksama dan penokohan dikembangkan dengan baik. Dari aspek tensi ketegangan, film Contorted lumayan berhasil bikin penonton ketar-ketir.

Hanya, penokohan khususnya karakter pendukung, ada satu-dua yang terbengkalai. Contorted yang dibintangi Seo Young Hee, Kim Bo Min, dan Kim Min Jae layak dijadikan tontonan alternatif pekan ini.

Karya sutradara Kang Dong Hun ini ditanggapi beragam oleh penonton dan pemerhati film. Berikut resensi film atau review film Contorted. Siapa tahu bisa jadi referensi Anda saat hendak ke bioskop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Cekcok Sengit Pasutri

Contorted dimulai dengan cekcok sengit pasutri Myung Hae (Seo Young Hee) dan Hyun Min (Kim Min Jae) yang berencana pindah ke rumah baru. Keputusan ini diambil karena kondisi finansial pasutri ini sedang genting.

Myung Hae yang depresi berat mencoba bunuh diri namun ditahan putrinya, Ji Woo (Noh Ha Yeong). Yang terjadi kemudian di luar dugaan, Myung Hae malah melempar putrinya dari jendela apartemen.

Berhari-hari setelahnya, Myung Hae dan Hyun Min menemukan rumah baru di pinggir kota dengan halaman nan luas. Pasutri ini mengajak dua buah hati yakni Hee Woo (Kim Bo Min) dan Dong Woo (Oh Ja Hun).

Belum seminggu menempati rumah baru, Myung Hae mendengar suara aneh yang bersumber dari garasi rumah. Selain itu, ia melihat perempuan berbaju merah dengan rambut tergerai berdiri di halaman rumah. 

 

 

3 dari 7 halaman

Aset Utama

Aset utama Concorted adalah akting Seo Young Hee yang konsisten. Andai film ini tanpa dialog pun, kita bisa merasakan depresi akut yang menggelayut dari air mukanya.

Rambutnya tergerai, matanya sayu cenderung kosong dan kerap berkaca. Gestur dan langkahnya nyaris tanpa semangat. Orang yang jarang nonton film sekalipun akan mudah bersimpati padanya.

 

4 dari 7 halaman

Dua Aktris

Selain itu, ada aktris cilik Kim Bo Min yang pendiam, berjarak dengan tokoh lain termasuk orangtuanya, namun tangguh dalam menghadapi situasi yang mayoritas memang sulit.

Dua aktris inilah yang menggerakkan cerita sekaligus menonjol. Sayang, tokoh lain gagal mekar. Hyun Min makin ke ujung film, makin redup. Padahal, di babak awal terlihat menjanjikan.

 

5 dari 7 halaman

Yang Paling Menjengkelkan

Yang paling menjengkelkan adalah Dong Woo yang tak diberi ruang gerak leluasa. Nyaris di sepanjang film ia tak berfungsi. Dalam situasi kelam dan makin berbahaya, kami berharap ia berkontribusi lebih.

Di luar cacat di bidang penokohan, Concorted berhasil membangun ketegangan lewat klu-klu yang dibagikan perlahan dengan beragam metode dari kilas balik, tokoh pendukung yang memberi titik terang untuk pencarian solusi, hingga wanita berbaju merah.

6 dari 7 halaman

Memantik Kecurigaan

Tampil cantik paripurna, tokoh ini justru memantik kecurigaan dan efek tak nyaman. Ia berdampak pada tokoh utama. Nah, di fase inilah ketegangan makin menjadi dan Concorted mencapai klimaks.

Soal ending, Anda boleh suka atau tak suka. Concorted bukan horor terbaik di kelasnya. Sejumlah catatan kritis soal penokohan dan plot sok misterius namun malah bikin bingung mestinya bisa dipoles lebih rapi.

7 dari 7 halaman

Adegan Ikonis

Setidaknya, Concorted masih punya adegan ikonis untuk dikenang penonton. Salah satunya, saat Myung Hae bertransformasi jadi ibu bahagia lalu belanja sejumlah makanan enak.

Ia lantas menyuguhkan menu olahan kepada Hee Woo. Perhatikan baik-baik apa yang terjadi setelahnya. Tak perlu dentuman musik. Tanpa penampakan bersimbah darah. Adegan ini bikin ketar-ketir.

 

Pemain: Seo Young Hee, Kim Min Jae, Noh Ha Yeong, Oh Ja Hun, Kim Bo Min

Produser: Kim Aera

Sutradara: Kang Dong Hun

Penulis: Kang Dong Hun

Produksi: Takeone Studio

Durasi: 1 jam, 31 menit

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS