Sukses

Aktris Legendaris Louise Fletcher Meninggal Dunia, Raih Oscar Lewat Film One Flew Over the Cuckoo's Nest

Liputan6.com, Jakarta Hollywood terpukul atas kabar duka yang menyebut aktris legendaris Louise Fletcher meninggal dunia. Louise Fletcher berpulang di usia 88 tahun di kediamannya, di Prancis, Jumat (23/9/2022) waktu setempat.

Perwakilan keluarga sang aktris mengonfirmasi kepada Variety, Sabtu (24/9/2022), bahwa bintang film One Flew Over the Cuckoo's Nest tutup usia. Penyebabnya belum dibuka ke publik.

Louise Fletcher adalah nama besar di industri sinema era klasik. Lewat performanya, One Flew Over the Cuckoo's Nest mencetak sejarah sebagai film pertama peraih gelar Oscar Grand Slam.

Oscar Grand Slam julukan untuk film yang menang di lima kategori utama, yakni Film, Sutradara, Skenario, Pemeran Utama Pria, dan Wanita Terbaik. Dalam sejarah, hanya ada 3 film yang sanggup melakukannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kalian Sangat Membenciku

One Flew Over the Cuckoo's Nest adalah yang pertama melakukannya pada pergelaran Oscar tahun 1975. Saat namanya disebut sebagai pemenang, Louise Fletcher tampak malu-malu berpidato.

“Ya, sepertinya kalian semua sangat membenciku sehingga kalian memberiku penghargaan ini untuk peranku. Dan aku mencintai setiap menitnya,” ujarnya, kami lansir dari video yang diunggah akun Instagram terverifikasi The Academy, 23 Juli 2022.

 

3 dari 4 halaman

Suster Ratched Yang Ikonis

Dalam One Flew Over the Cuckoo's Nest, ia memerankan Suster Ratched. Saking ikonisnya peran ini, American Film Institute TV menobatkan Suster Ratched sebagai penjahat terbesar kelima dalam sejarah sinema dunia.

Melansir dari The New York Times, Sabtu (24/9/2022), aktris bernama lengkap Estelle Louise Fletcher lahir di Birmingham, 22 Juli 1934. Ia menikah dengan produser Jerry Bick, pada 1959, lalu dikaruniai dua putra. Sejak itu, ia pensiun akting lebih dari satu dekade.

 

4 dari 4 halaman

Pensiun Lalu Menang Oscar

Louise Fletcher yang memulai debut akting lewat serial televisi Flight (1958) akhirnya kembali ke lokasi syuting bersama sutradara Robert Altman lewat film Thieves Like Us (1974). Di situ, ia menjadi wanita yang tega menyerahkan kakaknya ke polisi.

Rupanya, performa Louise Fletcher di Thieves Like Us membuat sineas Milos Forman kepincut. Ia menawari sang aktris peran Suster Ratched dalam proyek One Flew Over the Cuckoo's Nest. Yang terjadi kemudian adalah sejarah.

Berkat peran ini, Louise Fletcher menang Pemeran Utama Wanita Terbaik di BAFTA dan Golden Globe Awards (saat itu, SAG Awards belum ada -red). Dua kemenangan ini memuluskan jalannya di ajang Oscars. Selamat jalan, sang legenda. Tenanglah di keabadian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.