Sukses

Resensi Film Fall: Terjebak di Puncak Menara Setinggi 2.000 Kaki, Yang Fobia Ketinggian Auto Ketar-ketir

Liputan6.com, Jakarta Fall tayang di bioskop pekan depan, tepatnya mulai 16 Agustus 2022. Karya sutradara Scott Mann ini tak menampilkan banyak pemain. Sekitar 75 persen adegan film Fall menampilkan interaksi dua tokoh. 

Cerita film Fall dimulai dari aksi pasutri Becky (Grace Caroline Currey) serta Dan (Mason Gooding) yang memanjat tebing bersama sahabatnya, Hunter (Virginia Gardner). Kecelakaan maut terjadi.

Dan jatuh dari tebing lalu tewas seketika. Hampir setahun berlalu, Becky belum beranjak dari tragedi itu. Cincin kawin masih membelit jari manisnya. Abu Dan dalam guci tergeletak begitu saja di sudut rumah.

Berkali sang ayah, James (Jeffrey Dean Morgan) mencoba menyemangati namun Becky merespons negatif. Suatu hari, Hunter yang menghilang sejak Dan tewas, muncul. Berikut review film Fall.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Mulai Lembaran Baru

Hunter mendatangi rumah Becky lalu mengajaknya memulai lembaran baru. Caranya, memanjat menara stasiun televisi setinggi 2.000 kaki. Sesampainya di atas, Becky diminta menabur abu Dan. Ritual ini sebagai tanda Becky move on.

Mulanya, aksi panjat menara yang disebut sempat jadi bangunan tertinggi di AS ini lancar. Sampai tragedi terjadi. Satu-satunya, tangga untuk naik dan turun terlepas dan jatuh persis setelah dua cewek ini tiba di puncak.

Di puncak, tak ada sinyal untuk berkomunikasi. Mau tak mau Becky dan Hunter memutar otak untuk minta tolong. Kondisi diperparah dengan tersingkapnya rahasia masa lalu di antara Becky dan Hunter.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

Uji Nyali

Fall benar-benar menguji nyali penonton, khususnya mereka yang fobia ketinggian. Ini karena tata kamera MacGregor efektif bikin deg-degan di sepanjang durasi.

Deg-degan dimulai ketika Becky dan Hunter menyelesaikan separuh perjalanan memanjat lalu kamera menyorot ke bawah. Tanah hampir tak kelihatan tertutup konfigurasi tiang menara yang menyilang.

Setelahnya, puncak menara tak menyediakan “ruang nongkrong” yang leluasa. Hanya cukup untuk berdiri atau duduk. Sedikit ledakan ego berpotensi membuat salah satu dari keduanya jatuh.

 

4 dari 7 halaman

2 Kekuatan

Dua kekuatan Fall yang susah ditepis tentu saja gambar yang memainkan sensasi ketinggian hingga menerbitkan rasa takut. Takut salah satu tokoh jatuh. Atau, kedua tokoh bisa mengendalikan situasi namun penontonlah yang takut ketinggian.

Kedua, pertalian Becky dan Hunter yang menguat hingga babak akhir. Chemistry ini membuat penonton ikut memiliki kedua tokoh lalu waswas terjadi apa-apa pada salah satu maupun seluruhnya.

5 dari 7 halaman

Problem di Babak Akhir

Minus film ini adalah penyelesaiannya yang buru-buru. Proses memanjat dan konflik di puncak menara kelewat detail sehingga ada beberapa bab penting di babak akhir yang kayaknya terkesan dipangkas demi menjemput ending.

Andai drama di puncak menara diperingkas untuk memberi jalan bagi adegan akhir yang dramatis, Fall bisa jadi film sempurna tentang musibah di level mikro dengan tensi ketegangan menjulang.

 

6 dari 7 halaman

Rekam Jejak Scott Mann

Di luar kelemahan ini, Scott Mann berhasil membuat Fall menjadi thriller yang intens. Dibilang berhasil karena rekam jejaknya dalam penyutradaraan memang belum banyak.

Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, ia lebih banyak memproduksi serial dan film pendek. Beberapa film panjang besutannya antara lain, Final Score (Dave Bautista), Heist (Robert DeNiro) dan The Tournament yang dibintangi Ving Rhames.

 

7 dari 7 halaman

Tak Sekadar Tegang

Fall sejauh ini menjadi karya terbaik Scott Mann. Kita tentu menanti kejutan berikutnya dari sang sineas. Secara keseluruhan, Fall memberi suguhan dengan tema yang jarang diusung Hollywood.

Tak sekadar tegang, beberapa kelakar soal fenomena medsos seperti (maaf) baju yang memperlihatkan belahan dada untuk meningkatkan jumlah viewers di kanal YouTube auto-bikin ngakak penonton. Benar apa benar?

 

 

Pemain: Grace Caroline Currey, Virginia Gardner, Mason Gooding, Jeffrey Dean Morgan

Produser: Christian Mercuri, James Harris, Mark Lane, Scott Mann, David Haring

Sutradara: Scott Mann

Produksi: Scott Mann, Jonathan Frank

Produksi: Tea Shop Productions, Capstone Pictures, Lionsgate

Durasi: 107 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.