Sukses

Dispatch Ikut Investigasi Kontroversi Nam Joo Hyuk, Teman dan Guru Sekolah Bantah Ada Perundungan

Liputan6.com, Seoul - Kembali muncul sumber terkini mengenai kontroversi perundungan alias bullying yang membelit Nam Joo Hyuk. Kali ini datang dari Dispatch. Diwartakan Allkpop, Rabu (6/7/2022), media yang tersohor soal berita dan investigasi bidang hiburan ini, menginterviu 18 mantan teman sekelas dan dua guru sang aktor Korea Selatan.

Ke-20 orang yang menyatakan kenal Nam Joo Hyuk ini, menjawab tuduhan bullying yang dilemparkan dua individu yang berbeda terhadap sang bintang Twenty Five, Twenty One. Sebagian dari mereka, bahkan dengan berani mengungkap identitas asli.

Pertama adalah tuduhan secara garis besar bahwa terjadi perundungan di sekolah.

“Dulu ada kelompok-kelompok, sama seperti sekarang. Anak yang rajin bergaul satu sama lain dan kami bergaul dengan teman yang cocok dengan kami. Aku seperti itu, Nam Joo Hyuk juga,” kata seorang teman sekelas Nam Joo Hyuk saat kelas 3 SMA yang disebut sebagai Shin.

Namun dua orang alumnus, termasuk Shin, membantah ada kultur perundungan di sekolah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Budaya Perundungan

“Hukuman di sekolah kami saat itu sangat berat. Benar-benar ketat. Tidak ada budaya geng perundung. Kalau ada satu siswa dirisak, para guru pasti akan mengambil tindakan,” kata keduanya.

Mereka menambahkan, “Mungkin mereka (penuduh) merasa terancam dengan sejumlah anak yang nongkrong-nongkrong bareng, tapi Nam Joo Hyuk bukan bagian dari itu."

3 dari 4 halaman

Disukai Siswa Lain

Dua narasumber dari siswa sekolah yang menyediakan identitas aslinya, Jo Bu Hyung dan Seo Seok Hoon, menegaskan bahwa Nam Joo Hyuk bukan tipe siswa perisak.

“Nam Joo Hyuk bukan seseorang yang akan mengganggu seseorang. Dia suka olahraga, dan bahkan ikut tertawa saat orang membuat lelucon soal dirinya. Sebagus itu kepribadiannya. Semua orang suka padanya,” kata mereka.

Sumber lain yang bernama Lee mengatakan bahwa pria 28 tahun ini dulu sering berkoar akan menjadi model pada masa depan, tapi ditertawakan teman-temannya.

“Tapi ternyata dia benar-benar masuk sekolah modelling setelah sekolah. Dia suka basket dan sering tidur. Guru-guru percaya kepadanya karena dia punya rasa keadilan,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Kesaksian Guru

Tak cuma siswa sekolah, guru wali kelas Nam Joo Hyuk yang bernama Park Tae Gyu juga memberikan kesaksian yang mendukung muridnya ini.

"Nam Joo Hyuk adalah tipe siswa yang akan berkata, 'Teman-teman, ayo kita diam,' jika teman sekelasnya ribut. Jika ada yang berantem, dia akan menengahi dan berkata 'jangan berkelahi ya’,” kata sang guru.

Ia kemudian mengambil kesimpulan tegas, “Saya tidak tahu kesalahpahaman apa yang terjadi kepada si penuduh, tetapi Nam Joo Hyuk bukan anak penindas,” kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS