Sukses

Sinopsis Film India Gandhi My Father, Cerita Lain dari Tokoh Perdamaian

Liputan6.com, Jakarta Ingat dengan kutipan yang berbunyi “be the change that you wish to see in the world”? Ya, terkenalnya kutipan tersebut lahir dari tokoh berpengaruh dari India yakni Mahatma Gandhi. Ia merupakan salah satu pemimpin India yang terkenal karena penuh kedamaian.

Lahir dengan nama asli Mohandas Karamchand Gandhi, sosok kelahiran 2 Oktober 1829 ini mulai mencuri perhatian publik dengan pemikiran dan ajarannya yang menginspirasi banyak orang untuk tidak menggunakan kekerasan dalam alasan apapun.

Menjadi tokoh yang disegani, tak jarang kehidupannya kemudian menjadi sorotan hingga dibuatkan sebuah film yang berjudul Gandhi, My Father. Film ini merupakan hasil karya sutradara Feroz Abbas Khan. 

Film IndiaGandhi, My Father menceritakan tentang hubungan Mahatma Gandhi dengan anaknya yang bernama Harilal Gandhi. Walaupun terkenal karena menjunjung tinggi kemerdekaan, nyatanya ada kisah lain yang menyelimuti keluarganya. Seperti apakah itu? Berikut ini sedikit rangkuman sinopsis film Gandhi, My Father.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Di awal film India Gandhi My Father mulai, penonton sudah disambut dengan sebuah tulisan “based on true event”. Film berlanjut memasuki tahun 1906 di mana saat itu India belum merdeka. Bendera Inggris berkibar di tengah lapang sebuah desa. Tampak warga laki-laki bermain sepak bola sementara para wanita menonton dari sisi lapangan.

Salah satu pemain terjatuh yang diketahui bernama Harilal (Akshaye Khanna). Scene berpindah ke masa depan ke tahun 1948. Seorang pria terluka terbaring di tempat tidur rumah sakit tanpa identitas. Ketika seorang mantri bertanya siapa ayahnya, pria tersebut menjawab Gandhi.

Cerita kembali mundur ke tahun 1906 di sebuah Pemukiman Phoenix. Di sana hidup Mohandas Gandhi (Darshan Jariwala) dan keluarganya. Harilal tidak lama melangsungkan pernikahan bersama Gulab (Bhumika Chawla). Belum sempat menunggu anak pertama mereka lahir, Harilal dipanggil oleh sang ayah ke Afrika Selatan untuk sebuah beasiswa perguruan tinggi.

Gulab dengan senang hati memberikan dukungan untuk Harilal bisa menempuh studi jurusan hukum. Sayang seribu sayang, ketika Harilal telah sampai di sana, sang ayah tidak menepati janjinya. Beasiswa tersebut justru diberikan kepada keponakannya. Harilal pun pulang ke India dengan tangan kosong. 

Ia hidup luntang lantung menjadi seorang pengangguran. Segala kehidupannya yang berubah ini membuat Harilal mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang. Akan tetapi, bisnisnya bangkrut. Ia menjadi incaran para warga karena beberapa kesalahannya. Ayahnya yang tahu hal ini, meminta agar anaknya dijatuhi hukuman. 

3 dari 4 halaman

Mendapatkan Rating Tinggi

Melansir dari situs IMDb, film Gandhi My Father sukses mendapatkan rating sebesar 7,3 dari 10 dengan total lebih dari 1700 pengulas. Tidak hanya itu, beberapa penghargaan nasional dan internasional sukses diraih oleh film ini.

Ada total 6 penghargaan dari 17 nominasi yang berhasil dibawa pulang. Kategori yang dimenangkan adalah Best Screenplay yang diperoleh oleh Feroz Abbas Khan sang sutradara dalam ajang Asia Pacific Screen Awards 2007. Sementara itu, beberapa aktor seperti Darshan Jariwala juga meraih gelar Best Supporting Actor pada National Film Awards pada 2008.

4 dari 4 halaman

Nonton Gandhi, My Father (2007) di Vidio

Jika Anda merupakan penggemar tokoh Bapak anti-kekerasan ini atau penasaran dengan kisah-kisah yang pernah menjadi bagian dari hidupnya, bisa langsung menonton Gandhi My Father full movie selengkapnya melalui aplikasi Vidio. Film ini dapat disaksikan secara gratis untuk periode tertentu.

Banyak film-film semi biografi lainnya yang juga bisa Anda saksikan di Vidio seperti The Aviator yang mengisahkan tentang tokoh berpengaruh Howard Hughes dan masih banyak lagi. Ayo streaming movie sub Indo lainnya dengan mengunduh aplikasi Vidio sekarang!