Sukses

Ustaz Abdul Somad Benarkan Dideportasi Imigrasi Singapura, Sebut Sempat Ditahan di Ruang 1x2 Meter Mirip Penjara

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Abdul Somad bersama keluarganya diketahui sempat berlibur ke Singapura pada Senin (17/5/2022). Namun di tengah liburannya itu, Ustaz Abdul Somad mengalami kejadian kurang mengenakkan.

Ustaz Abdul Somad dikabarkan dideportasi oleh imigrasi Singapura. Ia terpaksa harus meninggalkan Singapura dan kembali ke Indonesia lebih cepat dari yang direncanakan.

Hal itu diketahui melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Senin (16/5/2022). Dalam unggahan itu, Ustaz Abdul Somad menunjukkan potret ia tengah mengenakan masker dan topi di sebuah ruangan.

"Uas di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari singapore. Berita lengkapnya saksikan esok wawancara Uas, Selasa 17 Mei 2022, hanya di channel: hai guys official," tulis Ustaz Abdul Somad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Hoax

Menilik ke YouTube yang telah disebutkan sebelumnya, Ustaz Abdul Somad membenarkan hal tersebut. Ia kemudian menjelaskan kronologi mulai dari rombongan mereka tiba di Singapura.

"Info bahwa saya dideportasi dari imigrasi Singapura itu sohih, betul, bukan hoax. Sampai di Pelabuhan Tanah Merah (Singapura) sekitar jam 1.30 (siang) waktu Indonesia karena jam tidak saya ubah. Saya cinta Negara Kesaturan Republik Indonesia," paparnya dalam wawancara yang ditayangkan kanal YouTube Hai Guys Official, Selasa 17 Mei 2022.

 

3 dari 4 halaman

Tak Tahu Alasannya

Sayangnya, Ustaz Abdul Somad mengaku belum mengetahui penyebab mengapa ia harus dideportasi dari Singapura.

"Itu lah yang mereka tak bisa menjelaskan. Jadi pegawai imigrasi itu tak bisa menjelaskan. Jadi yang bisa menjelaskan itu mungkin ambassador of Singapore in Jakarta, you have to explain to our community, why did your country, why did your government reject us, why did your government deport us. Kenapa? apakah karena teroris? Apakah karena ISIS? apakah karena bawa narkoba? itu perlu dijelaskan," kata UAS.

4 dari 4 halaman

Lengkap

Padahal, Ustaz Abdul Somad menyatakan bahwa segala berkas yang diperlukan untuk mengunjungi negara tersebut sudah lengkap.

"Lengkap semua, arrival card, lengkap semua, tidak ada kurang satu apa pun. Pas mau keluar, saya terakhir. Sahabat saya keluar, istrinya sudah, anaknya sudah, ustazah (istri Abdul Somad) sudah, anak saya sudah, saya terakhir," kata Abdul Somad.

"Begitu saya mau keluar, baru tas itu ditarik masuk," sambungnya.