Sukses

Cerita Charlotte Ramadhan Putri Shahnaz Haque Diterima di IPB, Butuh Persiapan 4 Bulan Latihan Soal

Charlotte Ramadhan kurang suka Fisika. Ia punya siasat khusus untuk jatuh hati pada pelajaran ini saat bersiap ikut seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak anak artis Indonesia berprestasi. Salah satunya, Charlotte Fatima Haque Ramadhan alias Charlotte Ramadhan, putri pasangan selebritas Gilang Ramadhan dan Shahnaz Haque, yang kini kuliah Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Charlotte Haque mengaku butuh persiapan khusus untuk menempuh ujian masuk perguruan tinggi negeri. Dikenal berprestasi di sekolah, rupanya ia juga punya mata pelajaran yang paling tidak disukai, yakni Fisika.

Ini disampaikannya dalam webinar UTBK “Siap Sukses Menuju PTN Impian” bersama Penerbit Erlangga, pada Sabtu (9/4/2022). Kurang suka bukan berarti tak mau mempelajari.

“Kalau aku waktu itu pelajaran paling susah, aku enggak suka Fisika. Aku enggak bisa. Dari dulu aduh benar-benar susah banget. Walaupun belajar itu kan bete, kalau disuruh belajar sama guruh tuh aduh, aku malas banget,” kata Charlotte Ramadhan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Turunkan Ego

Charlotte Ramadhan kemudian mencoba berdamai dengan Fisika. Putri kedua dari tiga bersaudara ini mencari siasat agar bisa jatuh hati pada Fisika. Salah satunya, belajar bareng teman agar suasana terasa lebih menyenangkan.

“Di itu aku harus mulai nurunin ego aku, ya sedikit-sedikit hatrus baca kalau enggak, latihan soal. Aku kalau di bagian Fisika tuh sudah enggak apa-apa kalau nilainya enggak tinggi, yang penting keterima atau acceptable. Mau enggak mau latihan soal terus,” akunya.

3 dari 5 halaman

Aku Lama Banget

Terkait persiapan ujian masuk perguruan tinggi negeri, Charlotte butuh wkatu sekitar empat bulan. Selama itu, ia intens melatih diri mengerjakan sejumlah soal yang jadi materi ujian.

“Aku lama banget. Aku tuh enggak bisa kayak mendadak-mendadak, itu bakal buyar semuanya bakal lupa. Itu harus dilatih terus. Aku bisa kayak empat bulanlah, karena benar-benar sudah tahu pengin masuk ke jurusan ini,” Charlotte Ramadhan menyambung.

 

4 dari 5 halaman

Pagi-pagi Dikumpulin

Bersyukur, Charlotte Ramadhan punya sistem pendukung yang solid. Menjelang hari tes, Gilang Ramadhan dan Shahnaz Haque membantu para putrinya dengan melakukan sesi tanya jawab santai di meja makan.

“Mereka tuh dari kecil kalau anak-anaknya mau ujian, pasti pagi-pagi dikumpulin di meja makan terus ditanya-tanya ulang. Jadi mama papa ikut belajar. Tapi mereka enggak terlalu menuntut namun lebih mengasah anak-anak selalu siap dalam situasi apapun,” pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Persaingan Masuk PTN

Selain Charlotte Ramadhan, webinar dihadiri penulis sekaligus trainer spesialis UTBK, Suyanto M.Pd., serta sejumlah guru dan murid. Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W., menyebut webinar ini untuk memberi wawasan kepada guru, orangtua, dan siswa.

“Persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri sangat ketat. Nilai UTBK SBMPTN harus yang terbaik. Kami harap peserta webinar ini dapat mempersiapkan diri dengan baik agar bisa masuk perguruan tinggi negeri sesuai jurusan yang diimpikan,” tutur Irving.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.