Sukses

Manfaat Batu Andesit untuk Bangunan

Batu andesit memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Batu andesit merupakan batuan vulkanik yang memiliki kandungan silika dalam jumlah sedang. Batu ini berwarna abu-abu kehitaman, serta memiliki butir halus yang disebut porfiritik.

Batu andesit banyak ditemui di Pegunungan Andes, Amerika Serikat. Namun batu ini meletus dari gunung berapi dan umumnya ditemukan berdekatan dengan abu vulkanik dan tulpa.

Material ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan karena kerapatan materi yang dimiliki batu andesit, dilansir kanal YouTube AR Media, Selasa (8/2/2022).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konstruksi Bangunan

Batu andesit ini sangat bagus digunakan untuk kontruksi bangunan. Dilansir situs resmi LIPI dijelaskan bahwa batu andesit ini dapat digunakan sebagai pondasi bangunan agrebat beton.

 

3 dari 5 halaman

Ubin

Tak hanya itu, batu andesit juga bisa digunakan sebagai ubin lantai maupun ubin dinding.

 

4 dari 5 halaman

Ditolak

Belum lama ini, warga desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah menolak adanya pembangunan tambang andesit. Hal itu menjadikan konflik besar antara warga dan polisi di lapangan.

 

5 dari 5 halaman

Pengukuran

Kehadiran sejumlah aparat polisi di desa Wadas dikabarkan berkaitan dengan proses pengukuran tanah untuk tambah batu andesit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.