Sukses

Ridwan Kamil Sorot Prediksi Indonesia vs Thailand yang Meleset

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru-baru ini menyorot seputar melesetnya semua prediksi Indonesia vs Thailand untuk laga leg pertama final Piala AFF 2020/2021 yang digelar di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (29/12/2021) lalu.

Namun bukan Ridwan Kamil namanya jika tak menyelipkan unsur jenaka di tengah ungkapannya. Ketimbang mengajak masyarakat meratapi kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand dengan skor 0-4, Kang Emil mengunggah kalimat yang bikin tertawa.

Mengintip akun Instagram suami Atalia Praratya ini. Terlihat sebuah unggahan berupa video slideshow berisi artikel kekalahan Timnas Indonesia dan potret pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking yang diiringi lagu dari artis Negeri Gajah Putih.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Alasan Kekalahan yang Dibuat Jenaka

Ridwan Kamil pada keterangan unggahan tersebut, Kamis (30/12/2021), awalnya seolah hendak menyampaikan alasan kekalahan Timnas Indonesia yang diungkapkan pelatih Timnas Thailand.

"Menurut pelatih Thailand, inilah alasan kenapa Indonesia semalam kalah dari Thailand. Semoga kita paham dan jadi pelajaran," tulis pria 50 tahun ini.

Namun, tak disampaikan sama sekali oleh Kang Emil mengenai apa penyebab kekalahan Timnas Indonesia yang dimaksudnya itu.

Alih-alih, terpampang kalimat dengan aksara Thailand di potret Alexandre Polking yang merupakan kutipan dari pelatih Negeri Gajah Putih, tanpa terjemahan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Bikin Gerah Daniel Mananta

Presenter sekaligus aktor Daniel Mananta yang melihat unggahan Ridwan Kamil ini, spontan dibuat gerah. Namun ia tak melampiaskannya langsung kepada sang gubernur, melainkan dengan gurauan khasnya.

"Ah! Saya gak terima pas dia bilang “รหืกยาดยุควา. รำาขลชๅย_ทพยืกยบกา กนบทับตาย ยำทนำทำตัวทำขา ยำวืไย บไ่ไบทกบ”. Agak gak Fair aja ngomong seperti itu," tulis Daniel Mananta yang mengundang puluhan warganet menanggapinya.

 

4 dari 5 halaman

Tak Bisa Ditebak

Meskipun begitu, Ridwan Kamil tetap menangapi serius kekalahan Indonesia atas Thailand ini. Ia menyorot banyaknya prediksi maupun ramalan yang meleset.

"Tebak skor semalam yang ditutup ketika pertandingan dimulai, ternyata tidak ada yang benar. 😂," tulisnya.

"Ada yang menebak Thailand menang, tapi tidak sebesar itu," ia menyambung.

 

5 dari 5 halaman

Serahkan Kepada Sang Maha Kuasa

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menyemangati Timnas Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2020 sambil mengajak masyarakat untuk menyerahkan semua hasil pertandingan kepada Sang Maha Kuasa.

"Tetap semangat Timnas Indonesia. Semoga Leg 2 bisa menang maksimal. Aamiin," ujarnya.

"Tugas manusia di dunia ini adalah ikhtiar berusaha, menang kalah adalah takdir Allah yang tentukan. Semangat," sambung sang gubernur mengakhiri pernyataan.