Sukses

Pengakuan Sophia Latjuba 10 Tahun Tak Berani Tinggalkan Pulau Jawa Akibat Fobia Naik Pesawat

Sophia Latjuba fobia naik pesawat. Fobia ini menguat sejak ia melahirkan anak pertama, Eva Celia. Berikut penuturannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang tak berubah dalam hidup manusia. Sophia Latjuba mengamini ujaran ini. Pelantun “Diam” dan “Tak Kubiarkan” itu tetap cantik juga awet muda di usia kepala lima.

Selain itu, Sophia Latjuba tetap fobia naik pesawat. Saat terpaksa naik pesawat ke Amerika Serikat misalnya, sang aktris punya ritual khusus, yakni menenggak obat penenang.

“Masih dong, ada beberapa hal yang enggak boleh berubah dalam hidup. Harus konsisten termasuk (fobia) naik pesawat,” kata ibunda Eva Celia dalam video interviu di kanal YouTube Ngobrol Asix.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Tahu Penyebabnya

Dalam video yang dipublikasikan pada Senin (25/10/2021), Sophia Latjuba tak tahu penyebab fobia naik pesawat. Ia tak pernah konsultasi ke psikolog atau psikiater.

“Enggak tahu (penyebabnya), enggak pernah ke psikolog atau terapis begitu untuk cek kenapa takut naik pesawat. Jadi enggak tahu kenapa. Enggak ada trauma juga,” urai Sophia Latjuba.

3 dari 5 halaman

10 Tahun

Namun, ia ingat kapan fobia naik pesawat itu menguat, yakni setelah menikah dengan Indra Lesmana dan melahirkan Eva Celia. Sejak itu, ia ogah naik pesawat dan selektif memilih pekerjaan.

“Aku tuh ada kali 10 tahun enggak keluar dari Pulau Jawa karena takut naik pesawat. Sejak Eva umur 2 tahun. Itu fobia. Dari Eva kecil, mungkin karena tiba-tiba punya anak terus naik pesawat itu bisa apa ya,” ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Minum Obat Penenang

Menurutnya, naik pesawat itu tak bisa dikontrol. Sophia Latjuba merasa lebih aman naik mobil atau kereta api karena ngijak tanah. Jika keadaan memaksanya naik pesawat, wajib ada obat penenang.

“Itu minum obat penenang. Sebelum take off minum obat penenang, bukan obat tidur. Jadi bisa lebih agak kalem. Jadi tenang terus mengantuk,” aktris kelahiran 8 Agustus 1970 membeberkan. 

5 dari 5 halaman

Waduh Parah

Pernah, ia mencoba minum obat tidur jelang terbang. Hasilnya, malah bikin waswas. “Kalau kayak obat tidur kan dia bikin ngantuk saja, tapi tidak tenang. Tetap deg-degan, pernah coba obat tidur dan waduh parah,” pungkasnya.

Menurut Sophia Latjuba, mereka yang fobia naik pesawat tidak akan bisa tenang khususnya jelang lepas landas dan saat ada peringatan mengenakan kembali sabuk pengaman selama terbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.