Sukses

BNNK Rekomendasi Iyut Bing Slamet Direhabilitasi Selama 3 Bulan

Iyut Bing Slamet disarankan menjalani rehabilitasi sesuai hasil asesment

Liputan6.com, Jakarta Polres Jakarta Selatan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasionak Kota (BNNK) Jakarta Selatan, telah melakukan asesment dengan tersangka kasus narkoba Iyut Bing Slamet. Hal itu dilakukan sesuai permintaan keluarga, yang meminta adik Adi Bing Slamet untuk direhabilitasi karena dianggap sebagai korban dari penyalahgunaan narkoba.

Dari hasil pemeriksaan, BNNK Jakarta Selatan menjelaskan pemilik nama asli Ratna Fairuz Albar dinyatakan sebagai pengguna narkoba kategori sedang. Sehingga mantan artis cilik era 80,an yang bermain dalam film Merpati Tak Pernah Ingkar Janji, diperkenankan menjalani rehabilitasi.

"Jadi kemarin sudah dilakukan assesment terhadap Iyut dan hasilnya yang bersangkutan dinyatakan sebagai korban penyalahgunaan," ungkap Dik Dik Kusnadi, Kepala BNNK Jakarta Selatan, di Polres Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Bulan Rehabilitasi

Dengan begitu, Iyut Bing Slamet berhak menjalani rehabilitasi selama 3 bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Meski direhabilitasi namun kasus hukum yang menjeratnya tetap berjalan.

"Jadi rekomendasinya dari hasil assessment adalah yang bersangkutan perlu untuk direhabilitasi paling lama tiga bulan. Karena kita lihat kondisinya normal," ujar Dik Dik Kusnadi.

3 dari 4 halaman

Bahaya Narkoba

Dalam kesempatan ini Dik Dik Kusnadi juga menjelaskan bahwa narkoba sangatlah berbahaya. Selain bisa berurusan dengan polisi dan mendekam di penjara, narkoba bisa merusak tubuh yang mengakibatkan kematian dan gangguan kejiwaan.

"Narkoba bisa merusak pusat saraf. Yang kedua penjara karena ada undang-undangnya. Yang ketiga kuburan, kita lihat banyak yang over dosis. Maka saya sarankan yang belum jangan, yang sekarang makai berhenti dan yang sudah kena yuk kita bantu," jelasnyanya lagi.

4 dari 4 halaman

Penangkapan

Diketahui Iyut Bing Slamet ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Kramat Sention, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020). Dalam penangkapannya itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa alat isap sabu lengkap serta klip bekas sabu sisa pakai.

Saat menjalani pemeriksaan test urine, Iyut Bing Slamet dinyatakan positif metafetamin alias sabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.