Sukses

5 Jurus Raditya Dika Tangkis Stres Selama Pandemi Covid-19, Salah Satunya Memelihara Gelisah

Liputan6.com, Jakarta - Raditya Dika salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Kasus pertama infeksi Covid-19 ditemukan di Indonesia pada Maret 2020. Hingga kini, wabah belum teratasi dan memantik efek ke berbagai sektor kehidupan.

Diakui Raditya Dika, di rumah saja akibat wabah memicu bosan hingga stres. Bintang film Single dan Hangout ini berupaya menangkis stres demi tumbuh kembang buah hati serta kesehatan istri yang sedang hamil.

Raditya Dika punya lima jurus untuk menghindari stres. Dengan demikian, Raditya Dika tetap produktif menulis di rumah plus punya waktu lebih banyak untuk keluarga terkasih.

 

2 dari 5 halaman

Jangan Salahkan

“Pertama, jangan menyalahkan hal yang tidak bisa kita ubah. Jadi fokus saja pada hal penting lain yang bisa kita ubah,” ujar penulis buku Kambing Jantan. Wabah Covid-19, kata Raditya Dika, tak bisa diubah dalam waktu singkat sendirian.

Kedua, tetap semangat. Tidak gampang namun semangat mesti dipupuk. Di tengah pandemi yang penuh ketidakpastian, semangat melanjutkan hidup tetap harus dijaga. 

3 dari 5 halaman

Memelihara Kegelisahan

Ketiga, membentuk sistem pendukung. Berdasarkan pengalaman Raditya Dika, support system terbaik adalah dari keluarga. “Lalu, tanamkan di dalam hati bahwa wabah ini pasti akan berakhir,” ia menyambung.

Dengan begitu, kita tetap optimistis. Kelima, menjaga kreativitas. Ini tak mudah namun Raditya Dika melakukannya. Rupanya, bahan bakar kreativitas adalah memelihara kegelisahan atau keresahan.

 

4 dari 5 halaman

Melahirkan Kreativitas

“Justru keresahan inilah yang melahirkan kreativitas. Karya-karya saya selalu lahir dari keresahan entah itu buku, film, atau materi melawak tunggal. Makanya keresahan itu selalu saya pelihara. Dengan begitu saya tetap produktif,” papar Raditya Dika.

Di rumah, ia rajin menulis materi standup comedy berbasis keresahan di tengah pandemi. Raditya Dika percaya setelah pandemi berakhir, tulisannya akan menjadi materi kuat yang bisa dibawakan di depan audiens. 

5 dari 5 halaman

Manfaatkan Keresahan

“Jadi kalau Anda resah selama pandemi, manfaatkan itu untuk melahirkan sesuatu,” pungkasnya. Raditya Dika menyampaikan ini dalam webinar peluncuran program Share The Love bersama AIA Financial, pekan ini.

Dalam kesempatan itu, Head of Customer Office AIA, Kathryn Monika Parapak, menjelaskan, “Share The Love adalah perlindungan jiwa berkonsep buy one get one free. Nasabah dapat memberikan satu perlindungan untuk orang tercinta secara gratis.” Produk ini memberi jaminan perlindungan terhadap risiko finansial akibat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga 50 juta rupiah.