Sukses

Suhana Khan Di-bully karena Berkulit Gelap, Balasannya Bikin Salut

Suhana Khan mengungkap sejak umur 12 tahun ia diejek karena kulitnya gelap.

Liputan6.com, Mumbai - Suhana Khan punya pengalaman tak enak sejak masa kecil, yang masih ia rasakan hingga kini. Ia menjadi bahan ejekan dan olokan karena warna kulitnya.

Hal ini diungkap Suhana Khan dalam unggahannya di Instagram, Selasa (29/9/2020). Putri megabintang Shah Rukh Khan ini membagikan sejumlah tangkapan layar berisi komentar warganet mengenai penampilannya.

Isinya sungguh menyakitkan hati. Komentar jahat ini berisi beragam pernyataan bahwa ia jelek dan berkulit hitam. Tak sedikit yang menyebutnya sebagai "kaali".

"Untuk orang yang tak berbahasa Hindi, aku akan memberi sedikit konteks. Kata untuk warna hitam dalam bahasa Hindi adalah 'Kaala.' Kata 'kaali' digunakan untuk mendeskripsikan wanita berkulit gelap. Dan hampir tak pernah berkonotasi positif," tulis Suhana Khan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harus Diakhiri

Gadis 20 tahun ini lantas merespons dengan keras. Bukan karena merasa terhina secara pribadi, ia melihat sentimen negatif terhadap kulit gelap harus diakhiri.

"Ada banyak hal yang saat ini terjadi dan ini adalah masalah yang harus kita akhiri!! Ini tak hanya tentangku, tapi juga setiap perempuan/ lelaki yang tumbuh besar dengan perasaan inferior yang muncul tanpa alasan," tulisnya di keterangan foto.

3 dari 5 halaman

Diejek Sejak Kecil

Suhana Khan mengatakan sejak kecil dirinya kerap diejek karena warna kulitnya. Parahnya, yang melakukan bukan anak-anak.

"Aku dikatakan jelek karena kulitku oleh wanita dan pria dewasa, sejak aku berusia 12 tahun," tuturnya.

Suhana Khan menambahkan, "Selain fakta bahwa mereka adalah orang dewasa, yang menyedihkan adalah kita semua orang India, yang otomatis membuat kita berkulit cokelat - ya kita memiliki warna kulit berbeda tapi sekuat apa pun kau menghindari melanin, kau tak akan bisa."

4 dari 5 halaman

Bahagia Berkulit Gelap

Suhana Khan menilai orang-orang India yang menghina sesamanya yang berkulit gelap justru memiliki masalah dalam diri mereka. "Membenci orang-orangmu sendiri berarti kau sangat lemah. Maaf kalau media sosial atau biro jodoh India membuatmu yakin bahwa kalau kau tidak setinggi 5"7 atau berkulit putih, kau tidak cantik," tuturnya.

Yang jelas, apa pun kata orang, tak akan mengubah penilaian Suhana Khan tentang dirinya sendiri.

"Kalau bisa membantu, aku beri tahu bahwa tinggiku 5"3 dan berkulit cokelat dan aku sangat bahagia karenanya, dan kamu juga semestinya begitu," cuitnya, disertai dengan tagar #endcolourism. 

5 dari 5 halaman

Dipuji

Unggahannya ini mendapat pujian dari banyak warganet. Mereka tak hanya menilai Suhana Khan cantik dengan kulitnya yang kecokelatan, tapi memuji langkahnya untuk bersuara soal hal ini.

"Bravo sayang!" tulis pemengaruh, Diipa Büller-Khosla.

"Bangga kepadamu, sayangku," tulis @satvikumar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.