Sukses

6 Fakta Ajip Rosidi Suami Nani Wijaya, Jalani CT Scan dan Operasi Sebelum Meninggal

Ajip Rosidi meninggal. Showbiz Liputan6.com merangkum sejumlah fakta seputar kiprah dan kehidupan sang sastrawan.

Liputan6.com, Jakarta Ajip Rosidi, sastrawan yang juga suami aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020). Sebelum mangkat, Ajip Rosidi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Kepergian Ajip Rosidi kehilangan besar bagi dunia sastra Indonesia. Salah satu pendekar sastra dari Angkatan 66 (menurut H.B. Jassin) ini mewariskan sejumlah karya besar untuk dikenang dan dilestarikan.

Kali ini Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta seputar Ajip Rosidi. Teriring doa semoga almarhum Ajip Rosidi tenang di keabadian dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cambuk Kehidupan

Melansir dari situs Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, masa kecil serta remaja Ajip Rosidi penuh perjuangan. Kedua orangtua pisah saat Ajip Rosidi berusia 2 tahun. Ia diasuh nenek (dari pihak ibu) lalu paman (dari pihak bapak).

Kehidupan sangat sederhana tak mematahkan semangatnya. Ajip Rosidi menjadikannya cambuk kehidupan. Ia memulai karier seni di usia belasan. Pada usia 15 tahun, Ajip Rosidi mengasuh majalah Soeloleh Peladja. Dua tahun kemudian, menjabat redaktur majalah Prosa.

 

3 dari 7 halaman

2. Anak-anak Ajip Rosidi

Menikahi Patimah pada 6 Agustus 1955, Ajip Rosidi dikaruniai enam anak. Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sang sastrawan menikah di usia 17 tahun.

Dari pernikahan ini, Ajip Rosidi dikaruniai enam anak, yakni Nunun Nuki Aminten, Titi Surti Astiti, Uga Perceka, Nundang Rundagi, Rangin Sembada, dan Titis Nitiswari.

4 dari 7 halaman

3. Gelar Doctor Honoris Causa

Sejumlah penghargaan diraih Ajip Rosidi salah satunya, Doktor Honoris Causa program studi Budaya Fakultas Sastra Universitas Padjajaran. Tak terbilang karyanya semasa hidup. Selain novel Perjalanan Pengantin dan Anak Tanah Air, Ajip Rosidi merilis kumpulan puisi antara lain, Pesta (1956), Djeram (1970), dan Sajak-sajak Anak Matahari (1979).

Sejumlah saduran terkenal karya Ajip Rosidi di antaranya, Lutung Kasarung dan Roro Mendut. Pada 2001, ia merilis Ensiklopedia Bahasa Sunda bersama sejumlah sastrawan dan budayawan lain.

5 dari 7 halaman

4. Babak Baru Nani Wijaya

Sama-sama tak lagi punya pasangan, Ajip Rosidi dan Nani Wijaya menikah di Masjid Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, 16 April 2017. Keduanya menikah dengan maskawin logam mulia 50 gram.

Liputan6.com memberitakan, pernikahan ini terjadi berkat jasa makcomblang. “Ajip memang sedang mencari pasangan. Nah, salah satu anaknya yang mengusulkan menikah dengan Nani Wijaya,” beber salah satu kerabat Ajip Rosidi, Kiai Haji R Noer Zein.

6 dari 7 halaman

5. Jatuh di Depan Kamar

Pada 26 Juli 2020, beredar kabar Ajip Rosidi dirawat intensif ke RSUD Tidar Magelang, Jawa Tengah. Tiga hari sebelumnya, sang sastrawan jatuh di depan kamar dan tak sadarkan diri. Salah satu anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, membenarkan.

“Alhamdulillah, setelah menjalani operasi kondisi kesehatan bapak berangsur membaik dan kesadarannya mulai pulih,” beri tahu Nundang Rundagi seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/7/2020).

7 dari 7 halaman

6. Jalani CT Scan dan Operasi

Sebelum Ramadan 2020, Ajip Rosidi tinggal bersama Nundang Rundagi di Magelang, Jawa Tengah. Juli 2020, ia jatuh di depan kamar, pingsan, kemudian dilarikan ke RSUD Tidar Magelang.

Tiba di rumah sakit, Ajip Rosidi menempuh pemeriksaan medis untuk melacak penyebab tak sadarkan diri. “Di rumah sakit (bapak) menjalani CT scan, ternyata mengalami perdarahan di otak maka harus dioperasi,” terang Nundang Rundagi kepada Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.