Sukses

Komunitas Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira Menjangkau Petugas Palang Hitam 

Liputan6.com, Jakarta Sejak wabah Corona Covid-19 melanda tanah air, Komunitas Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira terus aktif melakukan kegiatan sosial. Terhitung sudah 2.000 paket sembako telah didonasikan kedua organisasi yang dipimpin Rani Anggraini Safitri ini. 

Salah satu profesi yang tak luput dari perhatian Komunitas Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira adalah petugas ambulans pengantar jenazah atau dikenal dengan sebutan petugas Palang Hitam.

Dan baru-baru ini, Komunitas Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira coba menjangkau profesi ini dengan menyalurkan 100 paket sembako bagi petugas Palang Hitam yang selama wabah Covid-19 ini bekerja ekstra.

"Profesi mereka tidak kalah mulia dari tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani wabah ini. Terlebih petugas Palang Hitam ini mobilitasnya sangat tinggi. Saya sangat salut dengan keberanian mereka," ujar Rani Anggraini Safitri di sela-sela kegiatan penyaluran bantuan, baru-baru ini.

 

2 dari 3 halaman

Nasi Kotak

Selain kepedulian terhadap sejumlah profesi, saat memasuki bulan Ramadhan, gerakan kepedulian yang digagas pengusaha sekaligus aktivis perempuan ini seolah tak terbendung.  

Setiap jelang berbuka puasa, kendaraan operasional Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira berkeliling menyusuri sejumlah jalan di Jakarta membagikan nasi kotak, lengkap dengan air mineral dan kurma bagi masyarakat di pinggir jalan.

"Awalnya hanya 100 kotak, tapi dari hari ke hari permintaan melonjak. Jadi kami sediakan hingga 200 kotak per hari," kata Rani.

 

3 dari 3 halaman

Dukungan

Nasi kotak yang disediakan Rani menyasar para tukang galian, pemulung, petugas kebersihan, supir ojol dan supir taksi. 

"Gerakan yang dilakukan Sahabat Kartini dan Yayasan Baahira akan terus berjalan sepanjang pandemi Covid-19 terus berlangsung," ucap pengusaha yang bisnisnya tak luput terkena imbas wabah Covid-19 ini.

Sementara itu, M Taufik selaku Pembina Yayasan Baahira, bersyukur anggota Yayasan Baahira punya rasa kepedulian tinggi, bukan hanya pada masa pandemi Covid-19 saja, bahkan jauh sejak wabah ini datang.

"Alhamdulillah teman-teman masih punya kelebihan, sehingga dapat menyalurkan bantuan. Beberapa waktu lalu, kita datangi kampung nelayan di Muara Baru. Kondisi mereka sangat memprihatinkan," ujar Taufik yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini.