Sukses

5 Fakta Lagu Aisyah Istri Rasulullah yang Dominasi Trending YouTube Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Lagu Aisyah Istri Rasulullah memang begitu fonomenal di dunia musik Tanah Air. Tercatat, hingga saat ini lebih dari 10 konten YouTube berisi "Aisyah Istri Rasulullah" mendominasi halaman trending.

Banyak sekali musisi Indonesia yang berlomba-lomba meng-cover lagu Aisyah Istri Rasulullah.

Ternyata ada banyak fakta menarik yang belum diketahui mengenai lagu pop yang mendadak sangat populer ini.

Bahkan Anji sampai penasaran tentang bagaimana status lagu Aisyah Istri Rasulullah di Indonesia.

Berikut fakta-fakta mengenai lagu Aisyah Istri Rasulullah. 

 

2 dari 6 halaman

1. Lagu Milik Projector Band

Lagu "Aisyah Istri Rasulullah" ini rupanya berbeda dengan versi aslinya. Lagu tersebut adalah adaptasi dari lagu milik Projector Band yang berjudul Aisyah (a.k.a Satu Dua Tiga Cinta Kamu). Dalam versi aslinya, lagu ini menceritakan tentang kisah asmara biasa. 

 

3 dari 6 halaman

2. Adaptasi

Dari situ kemudian lagu "Aisyah" dari Projector Band itu diadaptasi liriknya oleh Mr Bie (musisi asal Malaysia) menjadi seperti yang sekarang ini banyak didengar. Mr Bie sendiri diketahui memang sering melakukan adaptasi lirik seperti ini.

 

4 dari 6 halaman

3. Koreksi

Dari adaptasi lirik Mr Bie itu kemudian banyak dibawakan oleh musisi-musisi Indonesia. Namun ada beberapa lirik yang sedikit berbeda dengan versi Mr Bie. Untuk itu, di Instagramnya, Mr Bie sedikit mengoreksi perbedaan lirik tersebut.

"Utk manfaat dan ilmu bersama, ada beberapa bahagian lirik cover yang mungkin tersalah sewaktu diterjmehkan mgikut bahasa Indonesia yg perlu dperbtulkn (takut menyalahi kisah dari hadis)🙂: Sungguh sweet Nabi mencintamu BILA lelah Nabi baring di *jilbabmu*(RIBAMU/PANGKUANMU) Ada ketika kau(Aishah) pula bermanja *Mengikat*MENYIKAT/MENYISIR rambutnya(Nabi)," tulis Mr Bie di Instagramnya beberapa waktu lalu. 

 

5 dari 6 halaman

4. Di-cover Banyak Penyanyi

Hingga tulisan ini dimuat, tercatat lebih dari 10 video tentang lagu Aisyah Istri Rasulullah menguasai halaman trending YouTube. Di luar itu banyak sekali musisi Indonesia yang mengcover lagu tersebut, di antaranya adalah Sabyan, Syakir Daulay, Andre Taulany, Ria Ricis, hingga Brisia Jodie.

 

6 dari 6 halaman

5. Beli Lisensi

Semula banyak yang mempertanyakan status lisensi lagu Aisyah Istri Rasulullah ini di Indonesia. Salah satunya adalah Anji. Namun belakangan terjawab bahwa lagu tersebut telah dibeli lisensinya oleh Syakir Daulay.

"Gue awalnya iseng aja, terus akhirnya trending dan 'wah ini kalau enggak diurus kan akan berakibatnya mungkin bakal fatal dan segala macam. Akhirnya kita kontak kita beli lisensinya. Dan Alhamdulillahnya gue yang pertama (dari Indonesia) punya hak cipta dari Universal Malaysia itu," kata Syakir Daulay dalam video YouTube di kanal Anji.