Sukses

Anji Pertanyakan Status Lagu Aisyah Istri Rasulullah yang Viral di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Lagu Aisyah Istri Rasulullah begitu populer di Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Hal ini menggelitik rasa penasaran Anji

Pasalnya, di platform YouTube sendiri, lagu "Aisyah Istri Rasulullah" itu dicover oleh banyak musisi yang 4 di antaranya memuncaki trending YouTube. Namun yang membuat Anji penasaran adalah bagaimana status lagu tersebut di Indonesia. 

Anji kemudian mengunggah sebuah video yang membahas tentang lagu Aisyah Istri Rasulullah di kanal YouTubenya. 

"Saya pikir lagu ini punyanya si Syakir Daulay karena dia menuliskan official music video. Tapi setelah saya lihat Sabyan sudah lebih dulu postingnya. Sabyan cover, dia (Syakir Daulay) official music video, oke nanti kita bahas lagi," kata Anji memulai pembahasannya di video yang diunggah pada Sabtu (4/4/2020). 

 

2 dari 5 halaman

Adaptasi

Dari penelusurannya, Anji kemudian mendapatkan informasi bahwa lagu tersebut adalah adaptasi dari lagu milik Projector Band yang berjudul Aisyah (a.k.a Satu Dua Tiga Cinta Kamu). Dari situ kemudian lagu tersebut diadaptasi liriknya oleh Mr Bie menjadi seperti yang sekarang ini banyak didengar. 

 

3 dari 5 halaman

Membingungkan

Anji pun mencoba mencari lagu tersebut ke beberapa platform musik digital lain. Dan hasilnya justru semakin membingungkannya. 

"Jadi sebenarnya status lagu ini di Indonesia seperti apa ya? Ini menarik banget buat temen-temen yang cover di descriptionnya ya saya berharap dituliskan banyak hal gitu ya," kata Anji. 

 

4 dari 5 halaman

Harapan Anji

Dari situ, Anji berharap agar semua musisi yang sering melakukan cover lagu milik orang lain untuk lebih lengkap menuliskan deskripsi di lagu tersebut terkait pemilik lagu aslinya.

"Nah untuk teman-teman yang mengcover cobalah untuk lebih memperhatikan masalah penulisan jadi ketika coverannya naik, lagu aslinya juga naik membawa impact untuk lagu aslinya, membawa impact kepada artis aslinya. Karena selain untuk diri kamu sendiri ketika mengcover sebuah lagu seharusnya walaupun tidak ada aturan tertulis musisi aslinya juga mendapatkan impact-nya," harap Anji. 

5 dari 5 halaman

Tunggu Konfirmasi

Sementara untuk masalah Syakir Daulay sendiri, saat ini Anji masih menunggu konfirmasi langsung dari yang bersangkutan. Anji mengatakan akan kembali menghubungi pihak Syakir Daulay. 

"Yang paling seru sih Syakir Daulay ini sebenarnya (menuliskan) official music video, nanti saya coba deh saya akan coba hubungin lagi deh nih soalnya saya hubungin belum dibales," kata Anji.