Sukses

Syakir Daulay Bikin Buku Ijo Tomat untuk Para Jomblo?

Syakir Daulay mengelak kalau apa yang dilakukannya adalah aji mumpung.

Liputan6.com, Jakarta Syakir Daulay ternyata tak hanya jago bernyanyi dan akting. Dirinya juga diketahui berbakat dalam menulis. Hal ini terlihat saat dirinya merilis sebuah buku berjudul Ijo Tomat yang merupakan kependekan Ikatan Jomblo Terhormat.

Namun, Syakir Daulay mengelak kalau apa yang dilakukannya adalah aji mumpung. Baginya, selama masih bisa bekerja, dirinya siap menjalaninya.

"Jadi saya ini suka kesibukan, nggak ada kesibukan yang nggak berarti bagi saya. Passion saya itu memang di seni, entah itu nulis, akting, dan nyanyi. Passion lainnya saya juga suka usaha," ucap Syakir Daulay saat ditemui di peluncuran bukunya di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (19/10/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengalaman Pertama

Syakir Daulay memang belum pernah menulis sebelumnya. Buku Ijo Tomat menjadi pengalaman pertama dalam menulis sebuah buku. Syakir mengaku tak mengalami banyak kendala saat proses menulis. Bukunya rampung dalam waktu tiga bulan.

"Kalau fokus dan tidak terbentur dengan kesibukan yang lain, mungkin dua-tiga minggu sudah jadi," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Ide

Mengenai idenya menulis, semua diakui Syakir Daulay berawal dari curhatan penggemarnya di media sosial. Melihat ada begitu banyak orang yang mengalami masalah percintaan, Syakir jadi terinspirasi hingga melahirkan Ijo Tomat, yang mengajarkan bagaimana caranya menjadi jomblo yang terhormat. 

"Setiap buka Q&A (Questions and Answers) di Instagram, rata-rata masalah followers saya itu bicara tentang cinta, seperti nanya gimana sih caranya move on, dan lain sebagainya," ungkapnya.

 

4 dari 5 halaman

Pesan

Pemain sinetron Anak Masjid ini pun berharap agar bukunya bisa menambah amal baiknya. Bukan tanpa alasan, pasalnya di sana ia juga menyisipkan berbagai pesan yang bermanfaat untuk para pembaca. 

"Misalnya kesendirian itu tak perlu diratapi, tapi disyukuri. Karena dalam kesendirian itu, kita menjadi punya waktu luang lebih banyak daripada mereka yang memiliki pasangan. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal bermanfaat demi masa depan yang lebih baik," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Rencana ke Depan

Lebih lanjut, Syakir juga sempat menyampaikan kalau tidak menutup kemungkinan ia akan kembali membuat buku dengan tema serupa. Ia pun mengaku sangat menikmati momennya saat menulis. 

"Banyak yang pengin Syakir tulis karena Syakir sudah mulai menikmati. Mungkin nanti bakal bikin Ijo Lumut, Ikatan Jomblo Imut-Imut, atau Ijo Sukirman, Ikatan Jomblo Kuat Iman, Jomblo Klepon dan sebagainya," pungkas Syakir Daulay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini