Sukses

Bilal Bin Rabah, Film Animasi Penuh Inspirasi

Liputan6.com, Jakarta Gempuran film-film horor tak membuat kendor genre lainnya. Ini dibuktikan dengan kehadiran sebuah film animasi pertama religi, yang menceritakan tentang sosok Bilal bin Rabah di bulan Ramadan 2019 ini. Sosok Bilal bin Rabah adalah sahabat Rasulullah yang memiliki suara indah saat mengumandangkan azan.

Film Bilal merupakan animasi panjang pertama dari Uni Emirat Arab. Film garapan Barajoun Entertainment ini, dialih suarakan oleh aktor asal Inggris, Adewale Akinnuoye-Agbaje, yang berperan sebagai Killer Croc di film Suicide Squad.

Film Bilal sendiri, diangkat berdasarkan kisah nyata dari seorang anak berumur tujuh tahun yang bercita-cita ingin menjadi seorang ksatria. Hanya saja, Bilal dan saudari perempuannya diculik dari kampung halamannya dan dijual sebagai seorang budak. Dari sinilah ia kemudian terhempas kedalam sebuah dunia yang penuh dengan kekejaman dan ketidakadilan. Meskipun mengalami berbagai kesulitan, Bilal mulai menemukan kekuatan dari dalam dirinya utnuk menemukan jalan hidupnya.

Bilal adalah seorang budak dari Ethiopia yang menjadi "Muadzin Islam" dan menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Seorang pria yang mengilhami banyak orang dengan kekuatannya melawan perbudakan, penindasan, diskriminasi, penyampaian akan keadilan, kesetaraan dan gagasan tentang satu ajaran dibawah naungan Tuhan. Namun dikabarkan muatan Islami dalam film ini dibuat menjadi lebih samar demi merangkul penonton yang lebih luas.

 

2 dari 3 halaman

Film Cannes

Film Bilal : A New Breed Of Hero, sebelum tayang di bioskop, telah mencuri perhatian saat diputar di festival film Cannes, pada Mei lalu, dan mendapatkan penghargaan dari sebagai Best Inspiring Movie dalam kategori Animasi.

Sebelum sampai di Indonesia, film Bilal : A New Breed Of Hero lebih dulu tayang di Amerika. Seorang pemuka agama Islam yang tinggal di Amerika, Ustadz Fahmi Zubir mengungkapkan, banyak pihak yang bertanya padanya tentang film “Bilal”. Hal tersebut yang membuatnya penasaran, dan akhirnya ia bersama keluarganya menonton film ini di bioskop.”Akhirnya kami nonton sekeluarga. Walhasil, mengharukan, bagus betul, dan model dakwah yang soft. Wisdom beyond the knowledge,” ujarnya.

Ayman Jamal, Produser dan Ko-Sutradara film Bilal : A New Breed Of Hero mengatakan, bahwa film Bilal dibuat berdasarkan kisah nyata, akan tetapi tidak mengacu pada sejarah utuh sosok Bilal mengingat akan adanya potensi melenceng dari sejarah agama Islam.

3 dari 3 halaman

Termahal

Dikabarkan, film animasi ini dibuat dengan budget sekitar $30 juta dollar dan menjadi film animasi termahal dari Uni Emirate Arab. Dengan digarap oleh 250 animator, dibutuhkan waktu selama 8 tahun untuk menyelesaikan film ini.

Hasilnya, film animasi ini tidak kalah dengan film animasi Hollywood, dan banyak yang tidak menduga film ini dibuat di Uni Emirate Arab.

Film Bilal akan tayang serentak diseluruh bioskop CGV dan Cinemaxx di Indonesia pada tanggal 15 Mei 2019.