Sukses

Istri Ustaz Maulana Meninggal Dunia, Sosoknya Dicintai Banyak Orang

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka hadir dari keluarga Ustaz Maulana. Istrinya, Nuraliyah Ibnu Hajar, diketahui meninggal dunia pada Minggu (20/1/2019). Kabar duka tersebut diketahui dari unggahan Instagram Ustaz Maulana di hari yang sama.

"Telah berpulang Ibu Nuraliyah Ibnu Hajar (Istri dari Ustadz Nur Maulana), pada hari Minggu 20 Januari 2019 jam 16.21 WIB di RS Bhayangkara Makassar," tulisnya dalam unggahan tersebut.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga Almarhumah husnul khatimah, الله terima amal ibadah beliau, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keikhlasan & ketabahan. Aamiin. (Admin)," lanjutnya.

Dikutip Liputan6.com dari Dream.co.id, Senin (21/1/2019), Ustaz Maulana tampak hadir di kala jasad sang istri akan dibawa menggunakan ambulans.

Mengenakan baju koko berwarna hijau dan serban berwarna senada yang menutupi lehernya, Ustaz Maulana terlihat tampak tegar saat jasad sang istri hendak diangkat ke mobil ambulans. Namun, tangisnya pecah saat jasad almarhumah ditempatkan di dalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sosok Almarhumah di Mata Ustaz Maulana

Ustaz Maulana menyebut keluarganya sebagai keluarga Cahaya lantaran nama anggota keluarganya yang mengandung unsur kata cahaya dalam bahasa Arab.

Namun, belum genap 11 tahun umur pernikahan, Ustaz Maulana harus merelakan istri tercintanya untuk menghadap sang Pencipta setelah berjuang melawan kanker usus.

Di mata Ustaz Maulana, Ummi Naura, yang merupakan sapaan sayang sang ustaz, adalah sosok istri terbaik baginya serta bagi anak-anaknya.

Selang beberapa jam setelah kabar berpulangnya Almarhumah Nur Aliyah, dalam sebuah unggahan pada hari Minggu menjelang tengah malam, Ustaz Maulana membagi foto sang istri yang sedang tersenyum bahagia mengenakan hijab biru. Kedua tangannya terlihat sedang memegang setangkai mawar merah.

Ustaz Maulana meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk memaafkan segala kesalahan yang diperbuat Almarhumah, serta memohon doa yang terbaik yang ditutup dengan ungkapan cinta sang Ustaz kepada Almarhumah istri tercintanya.

“Mohon maafkan segala kesalahan istri saya, mohon doakan yang terbaik untuk istri saya. Aku selalu mencintaimu Ummi Naura”

3 dari 5 halaman

Cerita Oki Setiana Dewi

Dengan kabar duka yang diumumkan di akun instagram pribadinya, banyak warganet yang meninggalkan komentar belasungkawa untuk menghormati kepedihan sang ustaz.

Tak terlepas Oki Setiana Dewi yang merupakan rekan sang ustaz dalam memandu acara ‘Islam itu Indah’, Ia menceritakan sedikit tentang penyebab berpulangnya almarhumah.

Mengutip ucapan Oki dalam unggahannya, almarhumah istri Ustaz Maulana meninggal dunia akibat penyakit yang sudah lama diidapnya.

"Istri beliau sakit parah," tulis Oki dalam instagram pribadinya disertai foto Ustazz Maulana dan istri.

4 dari 5 halaman

Sempat Dikabarkan Akan Menjalani Pengobatan di Malaysia

Sebelum berpulang, almarhumah Nur Aliyah dikabarkan berencana menjalani pengobatan di Negeri Jiran, Malaysia. Namun, takdir Tuhan berkehendak lain, Nur Aliyah tutup usia pada 41 tahun.

Sementara itu, sang suami, Ustaz Maulana sebagai sosok yang taat ibadah tidak pernah lupa untuk melakukan kebajikan kendati kondisi istrinya yang sedang menderita penyakit parah.

Diungkapkan oleh Oki Setiana Dewi, Ustaz Maulana tak pernah sedikitpun meminta bantuan dana dari orang lain. Sebaliknya, Ustaz Maulana malah masih sering membantu orang yang kesusahan.

Oki menceritakan tentang seseorang yang datang menangis di hadapan Ustaz Maulana. Dengan berurai air mata, orang tersebut meminta bantuan dari rekannya itu.

Tak disangka, Ustaz Maulana langsung menerima orang itu sambil menasihatinya agar tak menangis. Dia juga mengingatkan agar tak terlalu bergantung kepada manusia.

Oki menambahkan sisi dermawan Ustaz Maulana yang sangat mengagumkan meskipun almarhumah istrinya saat itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Beliau bantu orang dengan nilai yang besar padahal saya tahu, istri beliau sedang sakit parah dan memerlukan biaya besar," ujarnya dalam unggahannya di akun instagram pribadinya.

Rasa cinta Ustaz Maulana kepada sang istri adalah alasan mengapa dia ingin membantu menyembuhkan istrinya dengan cara sedekah untuk menghapus dosa sang istri. Menurut Oki, selama ini, Ustaz Maulana tak pernah menganggap istrinya memiliki dosa kepadanya.

Meski dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan Ustaz Maulana untuk melakukan pengobatan, Oki berharap usaha Ustaz tak sia-sia dan rekannya itu selalu diberi ketabahan.

"Saya tahu dan yakin Allah anugerahkan kesabaran dan ketabahan untuk ustad," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Almarhumah Mengidap Kanker Usus

Kanker usus menjadi penyebab istri Ustaz Maulana, Nuraliyah Ibnu Hajar menghembuskan napas terakhir saat menjalani perawatan di RS Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan.

Adanya kanker tersebut baru diketahui pada September 2018. Padahal, almarhumah disinyalir sudah menderita penyakit kanker usus tersebut sejak tujuh tahun silam.

Dokter Alvin Nursalim dari KlikDokter menjelaskan soal kanker usus (kanker usus besar) seperti yang diderita istri Ustaz Maulana. Kanker usus disebabkan adanya pertumbuhan abnormal sel pada rongga usus.

"Gejalanya bisa berupa gangguan Buang Air Besar (BAB). BAB berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan, dan lemas," kata Alvin, dikutip dari KlikDokter, Senin (21/1/2019).

American Cancer Society menyebut, gejala spesifik dari kanker usus besar dapat diketahui sejak penderita masih berusia 20-an. Kanker usus besar akan mengurangi pasokan sel darah merah. Tumor tumbuh dengan cepat, bahkan melebihi suplai darah Anda.

BAB berdarah yang terjadi pada penderita karena darah tersebut ikut diproses oleh saluran pencernaan. Hal ini memengaruhi warna feses yang dikeluarkan penderita kanker usus besar.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS