Sukses

De Tjolomadoe, Contoh Bangunan Bersejarah yang Jadi Tempat Konser

De Tjolomadoe adalah sebuah bekas pabrik gula yang menjadi lokasi konser David Foster

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan bekas pabrik gula Colomadu menampung konser David Foster harus dilanjutkan. Bekas pabrik gula yang sekarang bernama De Tjolomadoe ini memang berhasil direvitalisasi oleh pemerintah untuk menjadi tempat bernilai ekonomi.

Untuk itulah hal ini bisa menjadi contoh. Bangunan tua bernilai sejarah yang berada di Jakarta harusnya bisa direvitalisasi yang mampu bernilai ekonomi tinggi. Revitalisasi ini tidak hanya sekedar mengedepankan aspek keunikan arsitektural saja tapi mampu menyulapnya sebagai venue seni pertunjukkan atau konser yang menghadirkan sejumlah artis internasional. 

"Langkah ini sebenarnya sudah dilakukan dengan revitalisasi pabrik gula Colomadu yang sekarang berganti nama menjadi De Tjolomadoe," kata Anas Syahrul Alimi, promotor musik sekaligus event consultant konser David Foster and Friends di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (25/3/2018). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minim

 

Anas melihat potensi untuk merevitalisasi bangunan tua di sekitar Jakarta sebenarnya sangat besar. Apalagi dengan status Jakarta sebagai ibu kota negara.

"Tentunya dengan adanya venue-venue pertunjukkan dengan kekuatan nilai heritage serta dikelola secara profesional akan menjadi kekuatan untuk menarik pengunjung wisatawan asing dan lokal ke Jakarta," ujarnya. 

Menurut Anas, sejauh ini di Jakarta masih sangat minim dengan venue seni pertunjukkan yang berlatar heritage. Padahal, potensi untuk mengelola bangunan-bangunan tua peninggalan zaman Belanda itu sangat banyak tersebar di Jakarta. Untuk menghadirkan venue atau ampiteater di sekitar bangunan bernilai sejarah itu, kata dia, perlu adanya sinergi dengan sejumlah pihak terkait.

"Misalnya dengan pihak pengelola cagar budaya, bahkan bisa saja dengan UNESCO kalau memang bangunan itu masuk yang sudah berkategori warisan dunia," katanya. 

 

3 dari 3 halaman

Direvitalisasi

Anas mengatakan contoh untuk menjadikan bangunan tua mampu bernilai ekonomi tinggi itu bisa dilihat dari revilitasi yang dilakukan terhadap bangunan eks pabrik gula Colomadu. Bangunan yang didirikan pada masa kerajaan Mangkunegaran IV pada 1861 itu sekarang telah disulap sebagai tempat seni pertunjukkan. David Foster, sang hits maker yang telah 16 kali meraih trofi Grammy Awards, sempat tergoda hatinya dengan pesona De Tjolomadoe. 

"Bahkan dari 2650 tiket yang kami sediakan untuk konser David Foster di sana berhasil sold out," ujarnya. "Harusnya Jakarta juga bisa mengelola bangunan tua sebagaimana halnya revitalisasi yang sudah dilakukan oleh De Tjolomadoe," lanjutnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini