Sukses

Sutradara Tiga Film James Bond Meninggal Dunia

Liputan6.com, Los Angeles - Sineas Lewis Gilbert yang sempat menyutradarai tiga judul film James Bond, dikabarkan telah meninggal dunia. Sutradara asal Inggris itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 97 tahun, seperti dikabarkan Entertainment Weekly, Selasa (27/2/2018).

The Guardian mengabarkan bahwa informasi meninggalnya sang sutradara dikonfirmasi oleh dua produser film-film James Bond, Michael G Wilson dan Barbara Broccoli melalui pengumuman bersama dari mereka berdua.

1 dari 4 halaman

Mengenang

"Dengan kesedihan teramat dalam kami mendapat kabar mengenai kepergian teman kami tercinta Lewis Gilbert," ujar Wilson dan Broccoli dalam pengumumannya.

Selain itu, mereka juga mengenang jasa-jasa Lewis Gilbert di industri perfilman Inggris. Tak lupa juga tiga judul film klasik James Bond yang disutradarai Lewis Gilbert turut disebutkan oleh duo produser itu.

2 dari 4 halaman

Pria Sejati

"Lewis adalah seorang pria sejati. Dia memberikan kontribusi besar bagi industri perfilman Inggris serta film-film Bond, menyutradarai You Only Live Twice, The Spy Who Loved Me, dan Moonraker. Filmnya tidak hanya dicintai oleh kita tapi dianggap klasik dalam seri ini. Ia akan sangat dirindukan," lanjut mereka.

Lahir di London, Lewis Gilbert memulai kariernya sebagai aktor cilik pada 1920-an dan 1930-an bersama aktor Laurence Olivier dalam film The Divorce of Lady X yang rilis tahun 1938. Ia juga sempat menjadi asisten sutradara Alfred Hitchcock dalam film Jamaica Inn.

3 dari 4 halaman

Film Terbaik

Setelah Perang Dunia II, ia mengerjakan film dokumenter Royal Air Force. Lewis kemudian menjadi sutradara di sejumlah film perang yang sukses. Sebut saja Reach for the Sky, Carve Her Name With Pride, dan Sink the Bismark.

Salah satu film yang dianggap terbaik Lewis Gilbert oleh para kritikus adalah Alfie yang dirilis pada 1966 dengan bintang utama Michael Caine. Film berbiaya rendah tentang pemuda yang suka merayu wanita ini memenangkan Jury Special Prize di Cannes, dan masuk ke dalam lima nominasi Academy Award alias Piala Oscar termasuk kategori Film Terbaik.

Artikel Selanjutnya
Beramal, Daniel Craig Lelang Mobil James Bond Miliknya
Artikel Selanjutnya
Rachel Weisz Tolak James Bond Versi Wanita