Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Kaleidoskop: 10 Sinetron SCTV Paling Berkesan 2017

Liputan6.com, Jakarta - Menandai kembalinya ke SCTV lewat parade Saya di SCTV pada 20 Februari 2017 lalu, Sinemart Production sukses menempatkan sejumlah sinetron sekaligus memperbaiki performa rating SCTV. Awal tahun, hanya ada satu sinetron yang tayang, sebelum rumah produksi itu kembali dengan deretan sinetron terbaiknya, boyongan pada 20 Februari 2017. Rating sinetron SCTV pun mulai bergigi.

Sinemart mungkin hanya menyumbang empat judul di daftar yang melampaui produksi 100 episode, seperti diukir SCTV tahun lalu. Meski begitu, beberapa judul lainnya pun tak kalah berkesan. Total yang tayang sinetron SCTV di layar kaca sepanjang tahun ini sendiri berjumlah 29 judul, atau turun 9 judul dibanding tahun lalu.

Namun seperti tahun lalu pula, hanya ada 4 saja yang mampu melewati jumlah 100 episode. Sisanya, hanya berkisar di angka 30-an, atau mentok di episode 70-an. Meski kebanyakan (lagi-lagi) berdurasi tak panjang untuk ukuran suksesnya sebuah sinetron stripping, bukan berarti sinetron-sinetron tersebut tak berkualitas. Dengan kisaran 30-70 episode, sinetron-sinetron ini tetap berkesan bagi penonton dan pecinta sinetron.

Kembali mengisi salah satu Kaleidoskop Showbiz 2017 di Liputan6.com, kami kembali memilih 10 Sinetron SCTV Paling Berkesan sepanjang tahun 2017. Apa saja? Yuk, simak di sini.

2 dari 11 halaman

Anak Sekolahan

Menjadi debut sinetron produksi Sinemart di SCTV pada 20 Februari 2017 dengan tajuk parade Saya di SCTV, Anak Sekolahan melakukannya dengan cukup manis. Anak Sekolahan, sinetron remaja yang pertama sukses lewati 100 episode di SCTV, tahun ini.

Meski pilot ceritanya sempat disebut menjiplak serial Asia, Anak Sekolahan berhasil menggaet dukungan serta fans berlimpah. Sinetron ini juga dianggap sukses menandai lahirnya 2 couple idola baru remaja; Verrell Bramasta-Natasha Wilona dan Rizky Nazar-Cut Syifa. Syahdan, dua pasangan layar kaca baru ini lantas mendominasi persinetronan SCTV sepanjang tahun 2017.

3 dari 11 halaman

Anak Langit

Satu-satunya judul di parade Saya di SCTV yang masih bertahan sejak tayang perdana 20 Februari 2017 lalu, Anak Langit pun layak mendapat predikat sebagai sinetron SCTV tersukses sepanjang tahun ini. Hingga 25 Desember 2017 saja, Anak Langit sudah mencapai 486 episode. Anak Langit diprediksi masih akan terus melaju hingga 2018 mendatang.

Anak Langit pernah mengalami fase kritis, saat bintang utamanya terganjal skandal. Tongkat estafet pun berpindah dari Ammar Zoni ke tangan Stefan William. Hasilnya? Anak Langit yang sempat nyaris terjerembab, kembali ke puncak. Sinetron yang mengisahkan perseteruan geng motor ini kini bahkan stabil di peringkat dua dalam dua bulan terakhir.

4 dari 11 halaman

Berkah Cinta

Apa yang paling berkesan dari sinetron yang juga masuk parade Saya di SCTV ini? Selain lagi-lagi menduetkan Giorgino Abraham-Irish Bella sebagai pasangan utama , Berkah Cinta membuat mata pecinta sinetron terbuka untuk menyadari betapa berkilaunya akting Donny Michael, pesinetron yang dulu lahir di SCTV.

Berkah Cinta mengarungi layar SCTV dengan total 224 episode, menjadikannya judul ketiga yang sukses lewati 100 episode di tahun 2017. Kisahnya sendiri standar drama percintaan. Dan memang harus diakui, sinetron ini berkesan lantaran deretan antagonisnya yang jauh lebih bersinar melampaui kisah cinta dua bintang utamanya.

5 dari 11 halaman

Boy

Sebelum bergabung di Anak Langit, Stefan William sudah lebih dulu comeback dengan peran Boy di sinetron berjudul serupa. Kembali ke SCTV setelah 6 tahun, Stefan lewat Boy menorehkan hasil mengagumkan. Episode perdana dibawanya langsung nangkring di peringkat pertama.

Meski hanya mengumpulkan 70 episode sepanjang tayangnya, sinetron ini tetap berkesan lantaran mampu mengubah image Stefan yang kadung melekat dengan perannya di Anak Jalanan tempo hari. Selain Stefan, Boy juga membuat banyak pecinta sinetron mulai melirik bintang baru bernama Bryan Domani.

6 dari 11 halaman

Mawar dan Melati

Banyak yang bilang, duet Natasha Wilona-Verrell Bramasta tenggelam di bawah pasangan Rizky Nazar-Cut Syifa kala mereka berbagi layar di Anak Sekolahan. Natasha lalu mencoba bangkit dengan sajikan chemistry apik bersama lawan main barunya di Mawar dan Melati, Aliando Syarief.

Tak bisa dipungkiri kemudian, usahanya sukses besar. Singkatan peran keduanya (Melaju Couple) di sini bahkan masih disebut-sebut hingga sekarang meski sinetronnya tak sukses-sukses amat. Mawar dan Melati hanya berjumlah singkat, 45 episode saat tayang di SCTV pada 5 Mei sampai 18 Juni 2017 lalu.

7 dari 11 halaman

Pesantren & Rock n' Roll Reborn

Terkejut mengetahui judul ini masuk daftar kami? Tak perlu heran. Pesantren & Rock n' Roll Reborn (PRR Reborn) mungkin cuma berjumlah 5 episode saja saat tayang di sela Ramadhan lalu. Itu pun tayangnya siang hari. Tapi coba lihat ratingnya. Sinetron ini stabil di Top 5 data rating.

PRR Reborn sebenarnya lama dinanti, tak hanya lantaran ini jadi debut Aliando di Screenplay Production. Namun karena di sini Aliando juga tampil keren. Aktingnya jauh berubah dari peran-peran sebelumnya. Saking suksesnya, Aliando tak sampai dibanding-bandingkan dengan Ali Syakieb atau Rizky Nazar yang berhasil melakoni peran begajul serupa di tiga season PRR sebelumnya.

8 dari 11 halaman

Putri Titipan Tuhan

Diiringi akting jempolan Cut Meyriska dan kisah haru betapa tabah juga sabarnya seorang Bunda yang diperankan aktris watak Widyawati, Putri Titipan Tuhan disebut-sebut salah satu sinetron yang tak cuma berkesan semata, tapi juga yang terbaik di SCTV sepanjang 2017.

Ceritanya yang stabil dari awal hingga akhir, tanpa menyebrang jauh-jauh seperti biasa terjadi di sinetron stripping, menuai pujian pecinta sinetron. Di luar itu, ini memang sinetron terbaik Cut Meyriska hingga layak rasanya saat piala Pemeran Wanita Serial TV Terpuji FFB 2017 jatuh ke tangannya.

9 dari 11 halaman

Gali Lobang Tutup Lobang

Beberapa tahun terakhir, nama Dude Harlino identik dengan sinetron religi. Entah judul yang keberapa, yang jelas Gali Lobang Tutup Lobang yang ia bintangi ini bergenre serupa. Kisahnya mungkin tak sebagus Tuhan Beri Kami Cinta, namun ini adalah sinetron religi SCTV tersukses tahun ini karena jadi judul keempat yang mampu lampaui 100 episode.

Kerennya, Gali Lobang Tutup Lobang menorehkan prestasi ini padahal tayang di jam keramat. Belakangan, sinetron ini nyaris dilewati Tuhan Ada di Mana-Mana. Namun ternyata sinetron tersebut terhenti di angka 76 episode saja. Syahdan, Gali Lobang Tutup Lobang dengan 108 episodenya rasanya yang akan tetap dikenang pecinta sinetron religi tahun ini.

10 dari 11 halaman

Kiamat Hari Jumat

Jadi ajang comeback Kevin Julio di SCTV, Kiamat Hari Jumat yang datang dari rumah produksi Amanah Surga Production sukses mengobati kangen penggemar beratnya yang meluber sejak bersinar di Ganteng-Ganteng Serigala lalu. Meski hanya mengisi slot siang, penggemar tetap membombardir tayangnya sinetron ini dengan Trending Topic di Twitter.

Banyak yang bilang, perannya sebagai Riki harusnya jadi milik Ricky Harun. Mungkin saja peran itu memang akan lebih berkilau di tangan Ricky, namun Kevin sendiri juga tak kalah memukau. Kevin membuktikan kalau ia juga bisa tampil kocak, jauh dari kesan alimnya di beberapa sinetron yang pernah dibintangi sebelumnya.

11 dari 11 halaman

Siapa Takut Jatuh Cinta

Judul terakhir yang sejatinya bisa disebut sebagai sinetron SCTV tersukses tahun ini. Siapa Takut Jatuh Cinta (STJC) merajai rating jelang tutup tahun 2017, sejak episode pertamanya. Sempat disebut buat ulang sinetron hits SCTV berjudul serupa yang tayang 15 tahun silam, STJC 2017 justru sajikan kisah berbeda dan kerennya jauh lebih sukses.

Belum sampai sebulan tayang, popularitas sinetron ini yang menjulang tinggi sukses mengantar dua bintang utamanya meraih gelar Aktor dan Aktris Ngetop di ajang SCTV Awards 2017 lalu. Digdayanya STJC banyak diprediksi masih belum akan berhenti hingga awal tahun 2018 mendatang.

Streaming EMTEK Goes to Campus 2019 - Semarang
Loading