Sukses

6 Lagu Legendaris Michael Jackson yang Jadi Favorit Fans

Sudah lama tiada, Michael Jackson masih digandrungi berkat lagu-lagunya yang dianggap membuai.

Liputan6.com, Jakarta Sang raja pop Michael Jackson meninggal dunia pada 25 Juni 2009. Meski telah lama menghembuskan napas, Michael Jackson masih saja menjadi pembicaraan, khususnya karya legendarisnya sepanjang kariernya.

Album-album Michael Jackson juga memegang gelar sebagai album dengan penjualan terlaris sepanjang masa, yang sampai hari ini masih belum bisa dikalahkan oleh artis mana pun juga. Michael Jackson berusia 51 tahun saat meninggal berencana memberikan kejutan untuk fans setianya.

Saat itu, raja musik pop ini sedang menyiapkan konser "This Is It" yang digadang-gadang akan mengembalikan nama besarnya. Kematiannya membuat dunia berduka, dan upacara pemakamannya ditayangkan secara internasional.

Untuk mengenang raja pop ini, film Michael Jackson's This Is It, yang berisi proses persiapan konsernya dibuat. Film ini memecahkan rekor sebagai film konser terlaris sepanjang masa, sekaligus film yang diluncurkan pada masa Halloween dengan penjualan terbanyak.

Lalu, judul lagu apa saja milik Michael Jackson yang masih membuat penggemar setianya terngiang?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Billie Jean

"Billie Jean" merupakan lagu Micheal Jackson yang rilis 1982 silam, di album Thriller. Lagu ini berhasil meraih penghargaan tertinggi di zamannya, Grammy Awards for Best Male R&B Vocal Performance. Selain itu, Grammy Awards for Best R&B Song. Videoklip Billie Jean, Michael Jackson mulai menampilkan kepiawaiannya menari, termasuk tarian yang menjadi ciri khasnya "Moonwalk".

Hingga kini, videoklip Billie Jean ditonton 229,298,763 orang di situs berbagi video Youtube, kemungkinan besar akan terus bertambah. Lewat forum netizen Toptens, penggemar Michael Jackson menyebutkan lagu sang raja pop yang satu ini memang tiada duanya. Mereka menilai Billie Jean menjadi salah satu lagu legendaris milik Michael Jackson.

"Meski waktu telah banyak berlalu, tampaknya lagu Billie Jean selalu enak untuk didengarkan kapan pun. Micheal Jackson boleh saja pergi untuk selamanya, tapi karyanya tetap dikenal," tulis seorang pengguna.

Netizen lain menyebutkan, "Billie Jean mewakili Michael Jackson. Semua yang ada di lagu ini, mulai dari lirik, musik, hingga video menggambarkan kekuatan sang raja pop."

3 dari 7 halaman

Smooth Criminal

"Smooth Criminal" menjadi salah satu lagu andalan Michael Jackson yang dinyanyikan ulang oleh beberapa penyanyi generasi muda, termasuk band Alien Ant Farm. Namun orisinalitas Smooth Criminal milik Michael Jackson tak ada yang mengalahkan.

Lagu yang dirilis 1987 silam itu juga berhasil meraih berbagai penghargaan di zamannya, People's Choice Award for Favorite Music Video dan Brit Award for British Video. Hingga kini, videoklipnya terus ditonton 50,495,335 orang di Youtube.

Dalam forum netizen, fans setia Michael Jackson menyebut Smooth Criminal menjadi salah satu lagu terbaik sang raja pop. Beberapa penggemar menyebut, saat menonton video Michael Jackson menyanyikannya secara langsung membuat suaranya terdengar seperti malaikat.

"Tak ada penyanyi lain di dunia ini yang bisa menyanyikan Smooth Criminal seperti Michael Jackson. Lagu ini seolah menghentikan waktu, terlalu enak untuk didengarkan kapanpun," tulis seorang pengguna.

4 dari 7 halaman

Beat It

"Beat It", lagu yang dinyanyikan Michael Jackson dirilis pada 1984 di album Beat It. Seperti sudah menjadi ciri khas Michael Jackson, setiap karya yang dirilisnya selalu meraih penghargaan bergengsi.

Beat It meraih Grammy Awards for Best Male Rock Vocal Performance dan American Music Awards for Favorite Pop/Rock. Bahkan, video Beat It juga diakui kehebatannya dengan meraih American Music Award for Favorite Soul/R&B Video.

Hingga kini, Beat It disebut-sebut masih digandrungi penikmat musik, disaksikan 75,942,086 orang di situs berbagi video YouTube. Penggemar pun mengagumi Beat It yang memiliki melodi yang terdengar sempurna.

"Ini merupakan salah satu karya terlegendaris Michael Jackson, dengan alunan gitar dan melodi yang semurna. Michael Jackson memang cocok disebut sebagai musisi jenius tak akan pernah tergantikan," tulis netizen.

5 dari 7 halaman

Thriller

Satu lagi, lagu Michael Jackson yang masuk dalam kategori paling legendaris dan terfavorit yaitu Thriller. Videoklip dan lagunya dirilis 1982 silam, berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, termasuk empat Grammy Awards, salah satunya Grammy Awards for Album of the Year.

Thriller yang menceritakan tentang zombie yang bangkit disebut sebagai video terhebat di zamannya. Bahkan, video ini meraih Best Music Film dari Grammy. Hingga kini, Thriller juga terus ditonton penikmat musik. Buktinya, 342,085,114 orang masih menonton videonya di Youtube, diperkirakan akan terus naik.

"Lagu ini masuk dalam Album Penjualan terbaik sepanjang masa. Videoklipnya juga tak ada yang mengalahkan. Perpaduan keren dan sempurna antara lagu dan melodi, membuat Michael Jackson layak disebut sebagai maestro," tulis seorang fans.

Netizen lainnya menyebutkan," setiap Halloween harus mendengarkan lagu ini. Aku lupa dengan waktu yang cepat sekali berputar. Tak terasa, Michael Jackson sudah tiada. Tapi, karyanya masih tetap hebat."

6 dari 7 halaman

Black or White

Lagu ini dirilis 1990-an, terlihat Michael Jackson telah berubah. Videoklip Black or White meraih Billboard Music Award for No. 1 World Single, menjadi salah satu lagu legendaris dari Michael Jackson.

Lagu ini pun dinilai unik karena menyuarakan akan perbedaan ras dan budaya di seluruh dunia. Netizen menyebut Michael Jackson adalah pencipta lagu yang hebat, bisa menggambarkan situasi sosial yang selalu menjadi perdebatan.

Lagu ini juga mengajarkan akan perdamaian yang indah. Black or White ditonton 135,268,230 di situs berbagi video Youtube. Aggkanya kemungkinan besar akan terus bertambah, lagu Black or White seolah tak lekang oleh zaman.

Salah seorang fans menyebutkan," tak ada yang bisa menggantikan kejeniusan Michael Jackson. Dia tak hanya penyanyi, tapi pencipta lagu yang hebat. Karya yang dihasilkannya selalu memberi sebuah arti mendalam."

7 dari 7 halaman

Earth Song

"Earth Song" merupakan salah satu karya lainnya milik Michael Jackson yang menampilkan arti lagu mendalam. Earth Song yang dirilis 1995 mengisahkan tentang bumi yang menangis akibat banyaknya kerusakan dan perpecahan.

Sayangnya, lagu ini hanya berhasil masuk dalam nominasi Grammy untuk The Best Music Video. Meski begitu, penggemar Earth Song sangat banyak, angkat topi dengan karya buatan Micheal Jackson yang satu ini.

Video Earth Song berhasil membuat 105,848,464  orang menontonnya di situs berbagi video Youtube. Beberapa orang menilai, lagu ini membuat emosi mereka terkocok, apalagi setelah melihat videoklipnya yang menyedihkan.

Seorang penikmat musik mengungkapkan, "Lagu ini sangat menyedihkan. Alunan melodi yang terdengar sangat mendayu, diikuti oleh vokal Micheal Jackson yang tersayat seolah membuatnya menderita. Lagunya membuat pendengar menjadi sedih, Michael Jackson berhasil membawa fans masuk ke dalam lagunya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.