Sukses

6 Fakta Michael Jackson yang Tak Banyak Diketahui Publik

Beberapa hal ini merupakan fakta tentang Michael Jackson yang tak banyak diketahui penggemar. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Michael Jackson, legenda di industri hiburan yang dikenal sebagai King of Pop. Michael Jackson bahkan dikenal sebagai sosok pop culture selama empat dekade dengan karyanya, termasuk pencetus tarian moonlight.

Hingga kini, beberapa tarian Michael Jackson yang merupakan hasil koreografinya menjadi pusat atau `contekan` untuk penyanyi serta penari lainnya dalam berkarya. Tak hanya tarian, vokal hingga gaya Michael Jackson juga banyak ditiru.

Album 'Xscape' Michael Jackson akan berisi delapan lagu yang telah diperbaharui secara musik oleh beberapa produser.

Peraih 13 Grammy Awards itu juga berhasil membawa pulang ratusan penghargaan lainnya dari ajang penghargaan bergengsi di seluruh dunia. Selain itu, Michael Jackson juga dikenal sebagai seleb berhati malaikat dengan memberikan dukungan terhadap 39 lembaga amal.

Sayangnya, tahun 2009 menjadi momen tak terlupakan bagi penggemar Michael Jackson saat sang idola mengembuskan napas terakhir. Penyebab resmi kematian penyanyi tersebut adalah over dosis yang dilakukan oleh dokter ahli jantung pribadinya, Dr. Conrad Murray.

Meski telah meninggal, Michael Jackson tetap masih menghasilkan uang. Bahkan, Michael Jackson masuk dalam daftar Forbes sebagai artis yang masih memiliki penghasilan setelah meninggal dunia.

Lalu, fakta apa lagi yang tak banyak diketahui publik mengenai sosok sang raja pop itu? Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber. Apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Michael Jackson Nyaris Terbakar

Michael Jackson Nyaris Terbakar

Michael Jackson yang telah menjadi ikon budaya banyak mendapatkan tawaran sebagai bintang iklan, termasuk Pepsi. Pada 1984 saat proses pengambilan gambar, sebuah ledakan terjadi hingga membakar rambut Michael Jackson, diwartakan The Richest.

Rupanya ledakan itu juga membuat Michael Jackson mengalami luka bakar di kepala dan wajahnya. Michael Jackson sampai harus memakai wig karena rambutnya yang kena bakar, membuanya mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Dalam sebuah wawancara di tahun 1993, Michael Jackson mengakui, insiden itu yang membuatnya melakukan operasi plastik. "Pengobatan ini dilakukan untuk meredakan rasa sakit di kepalaku. Aku harus dioperasi karena insiden itu," ujar Michael Jackson kala itu.

3 dari 6 halaman

Michael Jackson Tak Pernah Puas dengan Tubuhnya

Michael Jackson Tak Pernah Puas dengan Tubuhnya

Rupanya insiden itu menyebabkan Michael Jackson merasa tak puas dengan tubuhnya, dalam bahasa medis disebut body dysmorphic disorder. Dari berbagai sumber, Michael Jackson disebut-sebut mengalami keranjingan operasi plastik setelah mengalami luka bakar.

Michael Jackson dilaporkan mengalami puluhan operasi plastik di bagian wajah, untuk merekontruksi bibir, dagu hingga membentuk hidungnya lebih mancung. Fakta itu bisa dilihat dari perubahan wajah Michael Jackson saat kecil--masih bergabung dengan Jackson 5--dengan perubahannya ketika dewasa.

4 dari 6 halaman

Michael Jackson Ingin jadi Spiderman

Michael Jackson Ingin jadi Spiderman

Michael Jackson disebut-sebut berhasrat menjadi salah satu superheroes besutan Marvel, Spider-Man. Dari berbagai laporan, Michael Jackson tak hanya mengumpulkan berbagai pernak-pernik Peter Pan saja, tapi Spider-man.

Kabar itu dibenarkan oleh Stan Lee, CEO Marvel yang mengungkapkan Michael Jackson ingin membeli Marvel Comics saat perusahaan itu tengah mengalami masalah keuangan. Salah satu hal yang mendorong sang raja pop membeli Marvel Comic karena ingin membintangi Spider-Man.

Akibat pihak Michael Jackson dan Marvel tak mencapai kesepakatan, Marvel Comic pun gagal dibeli. Sang Raja Pop terpaksa membuang impiannya karena marvel akhirnya dimiliki oleh Disney.

5 dari 6 halaman

Michael Jackson Beli Tempat Tidur Khusus

Michael Jackson Beli Tempat Tidur Khusus

Michael Jackson tampaknya terjangkit penyakit yang langka. Pada 1980, sebuah kabar menyebutkan kulit Michael jackson berubah warna, mulai menjadi seperti albino. Kondisi itu disebut sebagai Vitilogo, yaitu kondisi pigmen tak bisa bekerja dengan baik. Saat diwawancarai Oprah Winfrey, Michael Jackson sambil meneteskan air mata mengungkapkan kondisinya itu.

Michael Jackson dengan tempat tidur oksigen yang disebut-sebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit (YouTube)

Sementara, demi mendapatkan umur panjang, Michael Jackson membeli sebuah tempat tidur khusus memproduksi oksigen lebih baik, dikenal hyperbaric oxygen therapy. Michael Jackson merasa dia keracunan karbon moniksida hingga perlu tempat tidur `kesehatan` dengan harga yang mahal.

Dalam sebuah wawancara pada 1994 silam, Michael Jackson menyebutkan, "Aku ingin punya tempat tidur oksigen. Aku ingin tubuhku mendapatkan perawatan yang baik, mungkin saja aku bisa hidup hingga berusia 150 tahun."

6 dari 6 halaman

Michael Jackson Pernah Menikah dengan Putri Elvis Presley

Michael Jackson Pernah Menikah dengan Putri Elvis Presley

Michael Jackson sempat membuat banyak pria iri setelah berhasil menikah dengan Lisa Marie Presley, putri semata wayang dari Elvis Presley. Keduanya bertemu pada 1975 saat Lisa menyaksikan konser Michael Jackson.

Keduanya melangsungkan pernikahan sakral pada 1994 silam. Sayangnya, pernikahan itu hanya bertahan selama 18 bulan. Pada 1996, Lisa dan Michael memutuskan bercerai secara baik-baik.

Setelah pisah, Lisa mengungkapkan hubungannya dengan Michael justru menjadi lebih baik. Dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, Lisa menyebutkan, banyak bepergian dengan Michael setelah resmi bercerai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.