Sukses

Iwan Fals Tak Pernah Berniat Kritik Pemerintah dalam Lagunya

Menurut Iwan Fals, apa yang disampaikan lewat lagunya adalah apa yang benar-benar ia rasakan.

Liputan6.com, Jakarta Iwan Fals terkenal sebagai musikus yang kerap mengkritik pemerintah lewat lirik lagunya yang pedas. Namun percaya atau tidak, Iwan Fals mengatakan bahwa ia tak pernah bermaksud untuk menyindir para pengelola negara.

Seperti tiga lagu baru miliknya yang berjudul Untukmu Indonesia, Lawan Korupsi, dan Bukan Janji Janji yang nantinya akan dibawakan pada konser Istora Senayan, Jakarta, pada 21 November 2015.

Iwan Fals tampil di Malam anugerah Festival Film Bandung 2015 (FFB), Bandung, Sabtu (12/9/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Dari dulu saya tidak pernah berniat mengkritik atau apa. Saya hanya ikuti pancaindera yang saya terima dan itu diterjemahkan sebagai kritik," kata Iwan Fals di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (12/11/2015).

Bagi Iwan, lagu-lagu yang ia ciptakan tersebut merupakan bagian dari apa yang dia rasakan dan  memang benar terjadi di kehidupan masyarakat. Pemilik nama Virgiawan Listanto ini hanya menginginkan negara yang sehat.

Iwan juga menyerahkan sepenuhnya kepada para pendengar akan mengartikan seperti apa lagu-lagu miliknya.

Iwan Fals (Liputan6.com/Mihtahul Hayat)

"Apalah saya, saya tidak punya disiplin itu. Saya merindukan Indonesia yang sehat dan untuk itu perlu disuarakan," ujar pelantun Oemar Bakrie ini.

"Saya tidak akan kritik. Kalau dulu ada lagu berjudul Bongkar dipakai atau dimaknai sebagai alat untuk orde itu, saya juga tidak tahu. Itu hak pendengar dan mungkin bagi masyarakat itu bagian dari kritikan, ya terserah saja," ujar Iwan Fals. (Fac/fei)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini