Sukses

6 Video Musik Animasi Paling Fenomenal

Liputan6.com, Jakarta Dibuatnya videoklip untuk sebuah lagu, bisa menjadi penunjang tersendiri bagi para musisi bersangkutan dalam hal penjualan album. Sejak pertengahan abad ke 20, beragam video musik telah dibuat dan kreativitasnya terus berkembang.

Salah satu perkembangan yang cukup terasa adalah dibuatnya videoklip berkonsep animasi untuk lagu karangan beberapa penyanyi maupun band.

Tema yang diusung pun beragam. Terkadang sesuai dengan lirik lagu, kadang juga agak melenceng dari lagunya walaupun alur kisahnya menyesuaikan irama musik sang musisi.

Dari sekian banyak video musik animasi yang ada, terdapat beberapa yang bisa dibilang keren dan fenomenal dikarenakan temanya utamanya memiliki pesan maupun cerita tersendiri. Apa sajakah itu?

2 dari 8 halaman

Daft Punk - One More Time

Daft Punk - One More Time

Sebelum sukses dengan album Random Access Memories pada 2013 lalu, duo asal Perancis Daft Punk pernah merilis album bertajuk Discovery pada 2001.

One More Time menjadi lagu pembuka album Discovery yang ditunjang oleh sebuah video bergaya anime. Nuansa kegembiraan para alien berkulit biru menjadi tema utamanya.

Video tersebut kemudian dilanjutkan oleh klip lagu Aerodynamic dan Digital Love yang dijadikan kompilasi bertajuk Interstella 5555: The 5tory of the 5ecret 5tar 5ystem dengan berfokus pada personel band bernama Crescendolls.



Sutradara video ini adalah Kazuhisa Takenouchi yang berada di bawah pengawasan visual oleh Leiji Matsumoto. Keduanya merupakan sosok yang cukup disegani di negara asalnya, Jepang.

Meskipun videonya tidak meraih penghargaan, namun single One More Time sempat merajai tangga lagu Billboard dan Official Chart Inggris.

3 dari 8 halaman

Gorillaz - Feel Good Inc.

Gorillaz - Feel Good Inc.

Feel Good Inc merupakan salah satu video musik tersukses dari grup band virtual Gorillaz yang dibentuk oleh vokalis Blur, Damon Albarn. MTV Video Music Awards 2005 dan Grammy Awards 2006 memberi penghargaan kepada video musik ini.

Diambil dari album Demon Days yang rilis pada 2005, video musik Feel Good Inc juga menjadi salah satu favorit penggemar selain Rock the House, Clint Eastwood, 19-2000, Tomorrow Comes Today, serta El Manana.



Selain video yang unik untuk disimak, lagu ini juga memiliki irama pop, hip hop, serta balada yang enak didengar. Cerita dalam videonya memiliki kesinambungan dengan klip El Manana.

4 dari 8 halaman

Korn - Freak on a Leash

Korn - Freak on a Leash

Video lagu Freak on a Leash yang dirilis pada 1999, menjadi salah satu favorit para penggemar band nu metal Korn. Tak hanya animasi yang disajikan, video ini juga mencampurkan rekaman aksi para personel Korn di sebuah studio.

Komikus Todd McFarlane yang mengarang kisah Spawn, memiliki andil sebagai sutradara video. Tema animasinya sendiri menyesuaikan dengan sampul album Follow the Leader, yaitu sekelompok anak-anak yang keluar di malam hari untuk bermain di pinggiran tebing.



Video musik Freak on a Leash memenangkan berbagai penghargaan seperti Best Editing dan Best Rock Video di MTV Video Music Awards 1999 serta di ajang Grammy Award untuk Best Short Form Music Video pada 2000.

5 dari 8 halaman

Pearl Jam - Do the Evolution

Pearl Jam - Do the Evolution

Lagu Do the Evolution berasal dari album Yield yang rilis pada 1998. Tema animasinya sendiri menyesuaikan dengan judul lagu cipataan band rock Pearl Jam ini, yaitu perkembangan makhluk hidup bumi dari masa prasejarah hingga akhirnya konflik antar manusia untuk menguasai planet.

Sosok Kevin Altieri yang dikenal sebagai sutradara animasi Batman: The Animated Series, mengarahkan videoklip ini. Kevin turut dibantu oleh pengarang komik Spawn, Todd McFarlane yang juga menyutradarai video Freak on a Leash milik Korn yang rilis setahun kemudian.



Video Do the Evolution meraih nominasi di ajang Grammy Awards 1999 untuk kategori Best Music Video, Short Form.

Sosok wanita yang menyerupai karakter Death dari serial The Sandman terbitan DC comic, selalu hadir di beberapa adegan kematian yang ada di dalam video ini.

6 dari 8 halaman

X Japan - Rusty Nail

X Japan - Rusty Nail

Sebagai grup band legendaris asal Jepang, X Japan juga memiliki sebuah video musik animasi dari lagu Rusty Nail yang ada di album Dahlia.

Videoklip animasi Rusty Nail sendiri merupakan salah satu dari dua versi yang ada. Versi lainnya mengambil dari aksi mereka saat konser di Los Angeles, Amerika Serikat.



Versi animasi video Rusty Nail dirilis pada 1994 dengan gaya format khas serial anime. Tema yang diusung adalah kekacauan dunia da keputusasaan manusia. Video yang sarat unsur fantasi dan laga ini, memiliki lima orang karakter yang menggambarkan setiap personel X Japan.

7 dari 8 halaman

Padi - Bayangkanlah

Padi - Bayangkanlah

Bayangkanlah menjadi salah satu lagu milik band asal Indonesia Padi yang cukup disukai pada eranya. Lagunya sendiri berasal dari album Sesuatu yang Tertunda yang rilis pada 2001.

Video musik lagu ini menggunakan format animasi sederhana namun memiliki pesan yang sosial yang sangat tinggi.

Menyorot seorang anak laki-laki berambut biru yang merasa tergugah setelah mendengar lagu milik Padi, video ini seakan mengingatkan kita akan banyaknya kasus kurang menyenangkan yang ada di Indonesia dan dunia.



Pesan seperti 'hentikan kekerasan, 'hentikan rasisme', hingga guntingan judul surat kabar mengenai masalah pengangguran, narkotika, aborsi, pengrusakan hutan, dan lain sebagainya diperlihatkan di video ini.

8 dari 8 halaman

Video Musik Animasi Lainnya yang Fenomenal

Video Musik Animasi Lainnya yang Fenomenal

Selain enam lagu tersebut, terdapat juga beberapa lagi yang dibuatkan videoklip dengan format animasi dan sempat membuat heboh di kalangan fans maupun pecinta musik seluruh dunia.

Sebut saja lagu The Chronicles of Life and Death milik grup rock Good Charlotte yang diambil dari album ketiga mereka, The Chronicles of Life and Death. Tema kelahiran dan kematian di dalam videoklip lagu tersebut sangat kental hingga mempengaruhi penjualan album mereka.



Selain itu, terdapat juga videoklip Paranoid Android milik Radiohead yang memiliki gaya animasi khas anak-anak namun mengusung tema dewasa seperti seksualitas, politik, dan juga permasalahan sosial.



Video musik animasi lain yang dianggap fenomenal adalah Heartless (Kanye West), Love Rollercoaster (Red Hot Chili Peppers), Fell in Love with a Girl (The White Stripes), Go With The Flow (Queens of the Stone Age), hingga Money For Nothing (Dire Straits).(Rul/Feb)