Sukses

Gagal Jadi Anggota DPR, Berapa Kerugian Dwiki Dharmawan?

Sudah menjadi rahasia umum jika para caleg yang berlaga pada pemilu legislatif lalu menggelontorkan banyak uang.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum jika para caleg yang berlaga pada pemilu legislatif lalu menggelontorkan banyak uang untuk mencapai impiannya menjadi anggota DPR.

Hal tersebut juga diakui oleh musisi Dwiki Dharmawan, caleg yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dapil Jakarta 2, Jakarta Pusat, Selatan dan Luar Negeri.

"Semua caleg pasti menyiapkan (dana pencalegan), nonsense kalau nggak," ucap Dwiki saat ditemui di TamanPemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Senin (28/4/2014).

Dwiki pun menganggap uang banyak yang dikeluarkan untuk kampanye sebagai hal yang tak perlu dipusingkan. Apalagi, kalau sampai tak mendapat suara untuk melenggang ke gedung parlemen.

"Itu sudah risiko, kita harus bisa terima apapun hasil dan pilihan masyarakat," ungkap suami Ita Purnamasari tersebut.

Pentolan grup band Krakatau yang juga pendiri sekolah musik Farabi ini pun blak-blakan soal biaya pencalegan yang sudah dihabiskannya. Kata Dwiki, ia menggelontorkan dana yang masih wajar. "Ya, sekitar Rp 500 juta lah," akunya.

Seperti diketahui, upaya Dwiki untuk bisa duduk sebagai anggota DPR terganjal dengan perolehan suara partai dan juga dirinya yang tak signifikan. Dwiki sendiri meraih suara signifikan hanya di satu dapil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini