Sukses

Dallas Buyers Club, Perjuangan Besar Melawan HIV

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Adalah Ron Woodroof (Matthew McConaughey), seorang montir listrik dan pengendara Rodeo yang terdeteksi menderita HIV setelah mengalami cedera saat bekerja. Divonis dengan penyakit yang kala itu banyak diidap oleh para kaum homoseksual, Ron pun langsung naik darah dan menganggapnya sebagai hinaan, Apalagi, menurut dokter yang menanganinya, umur Ron juga diperkirakan hanya tinggal 30 hari.

"Aku bukan gay." teriak Ron di depan dua dokter yang tengah menanganinya.

Di luar cerita Ron, Para dokter sendiri tengah menemukan sebuah obat baru bernama AZT yang dianggap mampu mengurangi dampak dari HIV. Namun demikian, dengan adanya kandungan - kandungan berbahaya di obat tersebut, para dokter pun memutuskan untuk melakukan percobaan terlebih dahulu terhadap beberapa pasien.

Diceritakan, meski belakangan Ron memohon-mohon agar dirinya bisa terpilih, para dokter tetap memilih seorang penderita HIV bermana Rayon sebagai pemenangnya. Diperankan oleh vokalis 30 Seconds to Mars, Jared Leto, sosok waria berkarakter unik ini pun tampil menjadi salah satu bagian paling penting di sepanjang cerita.

Lewat seorang petugas kebersihan, Ron diam-diam ikut mengkonsumsi obat tersebut dengan dosis yang gila-gilaan. Dan setelah bolak-balik masuk rumah sakit, Ron akhirnya sadar kalau kandungan yang ada di AZT sangatlah menyiksa tubuh. Sementara lewat riset yang dilakukannya, ada jenis obat-obatan lain yang lebih berguna bagi imun tubuh. Sayangnya, obat itu dilarang beredar di Amerika Serikat.

Lantas, bagaimana Ron bisa mendapatkannya? Dan bagaimana Dallas Buyers Club bisa terbentuk?

Tak ingin tinggal diam dengan keadaannya yang semakin sulit, Ron berangkat ke Kansas untuk mencari teknik pengobatan yang lebih baik. Dan lewat pertemuannya dengan Dr.Vass (Griffin Dunne), ia berhasil menemukan obat-obat seperti Peptide T dan sebagainya.

Dari sini, kisah Dallas Buyers Club pun dimulai. Melalui penyelundupan obat yang dilakukannya dari Meksiko, hingga Jepang, Ron mendirikan sebuah organisasi untuk meraup untung dan memudahkan para penderita HIV memperoleh hidup yang lebih baik. Peraturannya, mereka tinggal membayar USD 400 perbulan dan berhak memakai obat-obatan yang sudah disediakan Ron.

Namun demikian, berhubung hal itu melanggar hukum, Ron pun harus berurusan dengan kepolisian.

Setelah membaca sinopsis di atas, bisa diketahui kalau Dallas Buyers Club sangat unggul dalam hal naskah dan alur cerita. Apalagi, lewat akting total dua pemain utamanya yakni Matthew McConaughey dan Jared Leto, film ini juga berhasil menyuguhkan kisah yang terlihat nyata dan natural.

Tak heran berkat film ini pula, Matthew McConaughey dan Jared Leto berhasil membawa pulang piala Oscar di ajang Academy Awards ke-86 untuk kategori Best Actor dan Best Supporting Actor. Selain itu, piala Best Makeup dan Best Original Screenplay juga resmi membuktikan betapa kuatnya film ini.

Kontan, dengan rentetan pujian dan jumlah penghargaan yang dibawa pulang, tidak ada lagi yang mampu dikomentari selain memaksa anda untuk menontonnya.

Baca juga:

Grand Piano, Ketika Satu Nada Sangat Berharga

Oo Nina Bobo, Ketika Lagu Pengantar Tidur Mengundang Petaka

300 Rise of an Empire! Gugur Leonidas, Tumbuh Seribu

Need For Speed 3D, Hilangnya Ketegangan Balapan Liar

Pompeii, Potret Amukan Gunung Vesuvius

Winter`s Tale, Ketika Iblis dan Malaikat Berebut Cinta

Endless Love, Kisah Cinta yang (Seharusnya) Menyentuh

12 Years a Slave, Drama Tragis Tanpa Basa-basi

RoboCop: Lebih Dramatis, Super Brutal...

The Wolf of Wall Street! Kisah Tentang Uang, Kokain dan Wanita

Fruitvale Station, Kisah Nyata Berdarah di Tahun Baru

47 Ronin! Amukan `Para Samurai Tanpa Majikan`