Sukses

Mau Investasi Sekaligus Jaga Lingkungan?Coba Reksa Dana Ini

PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) meluncurkan reksa dana Indeks Simas Sri Kehati pada Selasa (11/6/2024). Reksa dana ini dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar reksa dana indeks kian menarik perhatian investor retail yang baru belajar berinvestasi di instrumen saham. Investor dapat menginvestasikan dana dengan jumlah saham lebih beragam sesuai konstituen indeksnya dengan risiko investasi yang cenderung lebih rendah serta dapat memantau kinerja sesuai dengan indeks tersebut.

Selain itu, kini investor semakin banyak yang mencari investasi bukan sekadar mempertimbangkan profit, namun juga dampak bagi kelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial masyarakat.

Peluang tersebut mendorong PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) meluncurkan reksa dana Indeks Simas Sri Kehati pada Selasa (11/6/2024). Reksa dana yang dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management ini telah hadir sejak 04 Mei 2018 untuk menunjang kebutuhan investasi sekaligus menjaga kelestarian hayati.

Setelah peluncuran ini, nasabah dapat membeli produk tersebut secara langsung di cabang Bank Sinarmas terdekat sementara untuk transaksi selanjutnya dapat melalui aplikasi SimobiPlus.

Direktur Utama PT Sinarmas Asset Management Alex Setyawan WK menuturkan, pihaknya hadir bagi investor yang mempertimbangkan aspek keberlanjutan. Indeks ini terdiri dari 25 perusahaan yang terdaftar di BEI dan menerapkan prinsip-prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI) dan Environmental, Social & Governance (ESG).

"Kami menghadirkan Indeks Simas Sri Kehati untuk menyasar investor yang mencari alternatif investasi namun tidak sekadar menguntungkan, tetapi juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan spirit kami dalam pengembangan bisnis dalam jangka panjang.” jelas dia. 

Frenky Tirtowijoyo, Direktur Utama Bank Sinarmas mengatakan, peluncuran ini merupakan bagian dari upaya untuk memfasilitasi nasabah yang memiliki interest tinggi untuk melakukan investasi sekaligus turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial di Indonesia.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk turut mempersiapkan masa depan dengan investasi. Kami juga mengapresiasi masyarakat yang sudah memahami akan pentingnya investasi, terlebih bagi kalangan muda yang saat ini kian bersemangat dalam menyuarakan pentingnya berinvestasi.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prinsip Sustainable and Responsible Investment

Indeks Simas Sri-Kehati merupakan Reksadana Indeks dengan kelas aset saham, yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 persen (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek bersifat Ekuitas dalam Indeks yang menjadi acuannya.

Produk ini memiliki manfaat yang bisa dirasakan investor seperti potensi nilai pertumbuhan investasi yang relatif menarik yang sekaligus memperkenalkan prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI).

Indeks Simas Sri-Kehati ETF Indeks, Kelas Aset Rp 10 miliar - Rp 100 miliar - 1 Tahun baru saja meraih penghargaan di ajang Best Mutual Fund Awards 2024 yang diberikan oleh Investortrust.id bekerja sama dengan Infovesta Utama.

Indeks Simas Sri-Kehati merupakan wujud dari upaya menciptakan mutualisme antara dunia konservasi dalam pelestarian lingkungan dengan sektor bisnis yang bukan hanya profit oriented tetapi juga keberlanjutan.

Selain itu dukungan dari regulator dalam penerapan keuangan berkelanjutan dan sistem pelaporan bagi emiten, juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dalam jangka panjang. Kepercayaan investor juga tercermin dari kinerja indeks yang berbasis ESG yakni Sri kehati yang dalam kurun 3 tahun terakhir dari 2020-2023 naik sebesar 18% unggul dibandingkan dengan LQ45 naik sebesar 3,8% dan IDX30 turun sebesar -1,4%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini