Sukses

Daftar Saham Terafiliasi Prabowo-Gibran, Berpeluang Cuan Nih!

Saham-saham terafiliasi paslon Prabowo-Gibran mungkin saja terimbas hasil perhitungan sementara

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 02, Prabowo-Gibran unggul dalam perhitungan sementara atau quick count. Analis menilai hal ini menjadi sinyal bahwa pemilihan umum (pemilu) hanya akan berlangsung satu putaran.

Investment Consultant PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Reza Priyambada mengatakan saham-saham terafiliasi paslon mungkin saja terimbas hasil perhitungan sementara. Namun secara umum, kondisi market diperkirakan akan cenderung variatif pada sisa pekan ini, seiring dengan perkembangan hasil perolehan suara riil atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dengan asumsi paslon Prabowo-Gibran yang memenangi perolehan suara Pilpres kali ini, maka kita bisa asumsikan saham-saham yang berhubungan dengan paslon tersebut dapat terimbas positif. Pelaku pasar pun akan memanfaatkan momen tersebut untuk masuk ke saham-saham tersebut terlepas apakah saham-saham tersebut sudah merilis kinerja tahun buku 2023 atau belum," kata Reza kepada Liputan6.com, Rabu (15/2/2024).

Merujuk hasil sementara quick count Charta Politika Indonesia pada Rabu 14 Februari 2024 pukul 20.35 WIB, total suara masuk mencapai 91,05 persen.

Rinciannya, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 25,82 persen. Kemudian capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, 57,80 persen. Sementara PAsangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,37 persen.

Daftar Saham

"Sejumlah saham yang 'terafiliasi' dengan pasangan paslon Prabowo-Gibran diantaranya ADRO, ADMR, WIRG, TOBA, PMMP, BUMI, BRMS, VKTR, ABBA, MARI, dan lainnya. Secara sentimen, dimungkinkan pelaku pasar akan melirik dan mentransaksikan saham-saham tersebut. Hal ini dengan asumsi dan persepsi saham-saham tersebut akan terimbas positif dengan terpilihnya Prabowo-Gibran," beber Reza.

Adapun emiten-emiten yang berkaitan dengan Prabowo-Gibran, di antaranya PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dan entitas anak, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan ke Prabowo-Gibran

Meski tak ada afiliasi langsung, Direktur Utama Perusahaan, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir terang-terangan menyatakan dukungannya pada Prabowo-Gibran. Bahkan, kakak Menteri BUMN Erick Thohir itu terlibat aktif sebagai tim kampanye pemenangan paslon 02.

Erick Thohir sendiri juga kerap ikut kampanyekan pasangan Prabowo-Gibran. Erick diketahui memiliki beberapa perusahaan tercatat di Bursa. Antara lain PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) dan PT Mahaka Media Tbk (ABBA).

Tokoh lainnya, yakni Putri Kuswisnu Wardana, anak pendiri PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) juga bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sebagai Dewan Penasihat. Pandu Sjahrir, yang tergabung sebagai Wakil Bendahara Umum TKN Prabowo-Gibran merupakan pemilik PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

Lalu Grup Bakrie, dengan Aburizal Bakrie sebagai Pembina TKN yang berasal dari salah satu partai pengusung yaitu Golongan Karya (Golkar). Grup Bakrie memiliki beberapa perusahaan tercatat di Bursa, antara lain PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BMRS), PT Bakrie & Brother Tbk (BNBR), dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG).

Belum selesai, lanjut ada saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA), PT Visa Media Asia (VIVA), PT Intermedia Capital Tbk (MDIA), PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), dan PT Bakrieland Development Tbk (ELTY). Ada juga PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE), PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), dan yang belum lama tercatat ada PT Vktr Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR).

 

3 dari 3 halaman

Saham Selanjutnya

Kemudian saham PT WIR ASIA Tbk (WIRG). Sebelum IPO, terdapat nama-nama besar yang menjadi pemilik perusahaan. Salah satunya PT Karunia Tidar Abadi dengan kepemilikan pra-IPO 1 persen. Perusahaan yang bergerak di bidang mobile advertising, perdagangan, pertambangan, hingga pertanian ini merupakan salah satu sayap bisnis generasi ketiga Sumitro Djojohadikusumo. Perusahaan itu dipimpin oleh Aryo PS Djojohadikusumo, putra kandung Hashim Djojohadikusumo, yang merupakan kakak Menteri Pertahanan sekaligus capres Prabowo Subianto.

Tak ketinggalan, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep melalui PT Harapan Bangsa Kita merupakan salah satu pemegang saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP). Kaesang sendiri merupakan adik kandung dari cawapres Gibran Rakabuming Raka. Keduanya anak kandung Presiden Republik Indonesia (RI) saat ini, Joko Widodo (Jokowi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini