Sukses

Mengenal Vonny Ernita Susamto, Bos Baru Tokopedia Usai Dicaplok TikTok

Vonny Ernita Susamto bertengger sebagai Direktur Utama Tokopedia. Vonny menggantikan Melissa Siska Juminto yang kini menduduki posisi Direktur.

Liputan6.com, Jakarta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru saja merampungkan transaksi investasi di Tokopedia oleh TikTok. Sehubungan hal itu, TikTok turut rombak jajaran Direksi Tokopedia.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Kamis (1/2/2024), nama Vonny Ernita Susamto bertengger sebagai Direktur Utama Tokopedia. Vonny menggantikan Melissa Siska Juminto yang kini menduduki posisi Direktur.

Merujuk laman linkedin Vonny Susamto, ia merupakan alumni Universitas Pelita Harapan lulusan 2002 untuk jurusan S1 Administrasi Bisnis dan Manajemen. Sebelum bergabung dengan Tokopedia, Vony merupakan Category Management di ByteDance.

Vonny memulai karir dengan menjadi Retail Operator Manager di Club 21 Jakarta pada 2006 hingga 2012. Setahun kemudian, ia menjadi Co-Founder Philosoph.

Pada 2018, Vonny melanjutkan karir sebagai Brand Manager di Shiseido Cosmetics Indonesia hingga 2019. Tak lama, Vonny hengkang dan bergabung dengan Jet Commerce sebagai Category Manager hingga 2021.

Direktur Utama Grup GOTO Patrick Walujo juga turut mengambil posisi di PT Tokopedia. Patrick Walujo mengambil posisi di jajaran dewan komisaris sebagai komisaris Tokopedia.

Berikut ini susunan Dewan Komisaris dan Direksi Tokopedia per 31 Januari 2024.

Komisaris

  • Komisaris Utama: Wilfred Halim
  • Komisaris: Chi-Jen Sung
  • Komisaris: Ran Gao
  • Komisaris: Sugito Walujo
  • Komisaris: Garibaldi Thohir

Direksi

  • Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
  • Direktur: Mengzhi Xu
  • Direktur: Melissa Siska Juminto

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saham Pengendali

Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia, yang dimiliki bersama oleh GoTo dan TikTok sebagai mitra strategis di Indonesia, dengan TikTok sebagai pemegang saham pengendali.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dalam bentuk e-commerce service fee dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Hal ini akan memberikan dampak positif bagi arus kas Grup GoTo seiring fokus Perseroan pada profitabilitas jangka panjang.

Dari sisi fundamentalnya, Grup GoTo mencatatkan kinerja solid pada akhir 2023, dan berhasil mencapai EBITDA yang disesuaikan positif di kuartal IV 2923.

Perseroan juga melampaui panduan kinerja EBITDA yang disesuaikan untuk tahun buku 2023. Rincian mengenai kinerja perseroan sepanjang 2023 akan diumumkan kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini