Sukses

Raih Kontrak di Vietnam, Sumber Global Energy Bisa Kantongi Pendapatan USD 60,63 Juta

umber Global Energy menyuplai batubara untuk listrik di Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) telah meraih kontrak baru penjualan batu bara dengan pelanggan di Vietnam. Pada 9 Agustus 2023, Perseroan meneken kontrak kerja sama dengan Vosco Maritime Service Joint Stock Company (VOMASER).

Bersama dengan VOMASER, Sumber Global Energy menyuplai batubara untuk listrik di Vietnam. Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Welly Thomas selaku Direktur Utama Sumber Global Energy dan Vuong Manh Linh selaku Direktur VOMASER.

Direktur Utama Sumber Global Energy Welly Thomas mengatakan, diraihnya kontrak perjanjian batubara dengan VOMASER menjadi bukti SGER mampu memperluas jaringan penjualannya ke negara lain. Hal ini juga sekaligus menandai SGER sebagai leading coal trading company di Indonesia.

“Ke depan kami akan terus berupaya mencari kontrak dengan pelanggan baru. Selain Vietnam, Sumber Global Energy juga berpartisipasi untuk mengikuti tender-tender di Sri Lanka, Bangladesh, dan Filipina.

Di samping itu, kami juga masih rutin melakukan supply ke China dan India,” kata Welly dalam keterangan resminya, ditulis Jumat (11/8/2023).

Dalam perjanjian tersebut, Sumber Global Energy sepakat untuk menjual 840.000 metrik ton batubara kepada VOMASER, dengan spesifikasi batubara yang dijual yakni memiliki nilai net calorific value 4,500kcal/kg, total kandungan air ≤ 30,00 persen As Received Basis (ARB), dan total kandungan sulfur ≤ 0,85 persen Air Dried Basis (ADB). Sistem pengiriman akan mengikuti jadwal dari pembangkit listrik (Power Plant).

Pengiriman pertama dijadwalkan dilakukan pada akhir Agustus 2023, di mana nantinya akan ada 1 vessel bermuatan 60.000 metrik ton (+/-10 persen). Sementara pengiriman kedua akan dilakukan pada awal September 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontrak

Ke depan, setiap bulannya diperkirakan ada 3 sampai 4 Vessel yang masing-masing bermuatan 60.000 metrik ton. Jangka waktu kontrak perjanjian ini adalah untuk 5 bulan, dan dapat diperpanjang hingga kuantitas sesuai kontrak sudah terpenuhi.

Dalam hal ini, pembeli juga memiliki opsi untuk melakukan perpanjangan kontrak dengan menambah kuantitas sesuai toleransi pengiriman. Dengan total kuantitas kontrak 840.000 metrik ton dan dengan toleransi plus 20 persen, berarti pembeli bisa melakukan perpanjang dengan tambahan 168.000 metrik ton.

Adapun harga yang dijadikan acuan dalam perjanjian ini adalah ICI3. Dengan demikian, Sumber Global Energy berpotensi meraup potential revenue (pendapatan potensial) hingga USD 60.631.200 atau USD 60,63 juta, dengan asumsi harga batubara USD 72,18 per ton berdasarkan harga ICI3 dari rata-rata 4 minggu terakhir.

 

3 dari 3 halaman

Kinerja

Adapun Sumber Global Energy Berhasil mencatatkan peningkatan kinerja sepanjang semester I 2023. Perseroan membukukan laba bersih senilai Rp 612,87 miliar.

Realisasi tersebut meningkat 29,58 persen dari laba bersih pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp 472,94 miliar.

Pendapatan Sumber Global Energy pun melesat 72,51 persen menjadi Rp 6,038 triliun. Pendapatan SGER pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 3,5 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.