Sukses

Ciputra Incar Pertumbuhan Prapenjualan 8 Persen pada 2023

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membidik marketing sales atau prapenjualan tumbuh 8 persen pada 2023. Untuk mendukung target marketing sales 2023, perseroan meluncurkan proyek baru dan klaster baru.

Liputan6.com, Jakarta - PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mengincar pertumbuhan pendapatan 5 persen hingga akhir tahun 2023. Sementara dari sisi marketing sales atau prapenjualan, perseroan menargetkan pertumbuhan 8 persen pada 2023.

"Untuk revenue tahun ini relatif stabil, naik turun 2-5 persen per kuartal. Full year revenue kita perkirakan akan stabil, dan kalau meningkat kita perkirakan maksimum 5 persen," kata Direktur Ciputra, Tulus Santoso dalam paparan publik perseroan, Selasa (27/6/2023).

Ciputra Development berhasil meraih marketing sales sebesar Rp 3,4 triliun hingga kuartal I 2023, atau telah mencapai 39 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 8,9 triliun selama tahun 2023. Pencapaian selama kuartal I 2023 ini naik sebesar 74 persen jika dibandingkan dengan kuartal I 2022.

"Dari sisi marketing sales full year target kita cukup bagus, meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu. target dan realisasinya saat ini sudah 74 persen untuk kuartal pertama 2023. Jadi marketing sales ini akan dibukukan sebagai pendapatan pada 1-2 tahun ke depan," imbuh Tulus.

Untuk mendukung pencapaian target marketing sales 2023, Ciputra Development meluncurkan proyek baru dan klaster baru di proyek yang sedang berjalan. Proyek baru pada tahun 2023 meliputi CitraGarden Serpong, CitraLand Sampali Kota Deli Megapolitan, CitraLake Villa, dan Citra City Sentul.

Adapun klaster-klaster baru yang telah diluncurkan hingga kuartal 1-2023 meliputi Klaster Pelican Hill di CitraLand Surabaya,  Ruko One Arcade di CitraLand Surabaya, serta Orchard Avenue (R29) dan Orchard Avenue (R33) di CitraLand Gama City Medan. Saat ini perseroan juga sedang menyiapkan rencana peluncuran klaster-klaster baru. Antara lain di proyek CitraRaya Tangerang, Citra Sentul Raya, CitraLand Cibubur, dan CitraLand Gama City Medan.

"Kami optimistis bahwa setiap proyek dan klaster baru tersebut akan sukses karena produknya sangat diminati pasar. Kami terus mengkaji pengembangan produk baru dan menerapkan berbagai strategi penjualan agar bisa mencapai target tahun ini,” imbuh Head of Investor Relations Ciputra, Aditya Ciputra Sastrawinata.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bidik Recurring Income dari Rumah Sakit

Sebelumnya, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) masih memiliki keyakinan pendapatan berulang atau recurring income masih akan tumbuh, meski diakui terdapat sejumlah tantangan. Direktur Utama Ciputra Development, Candra Ciputra membeberkan, recurring income dari pusat perbelanjaan atau mall rupanya belum pulih sepenuhnya meski status pandemi Covid-19 resmi dicabut.

"Untuk project-project seperti mall, recovery nya itu belum 100 persen. Hotel malah surprisingly lebih cepat daripada mall," kata dia dalam paparan publik perseroan, Selasa (27/6/2023).

Sementara untuk rumah sakit, Candra memandang lebih optimis. Salah satunya didorong adanya wacana regulasi yang memungkinkan dokter atau perawat asing praktik di Indonesia. Meksi di sisi lain, kinerja lini usaha rumah sakit sata ini tak secerah saat terjadi pandemi Covid-19.

"Kalau hotel kayaknya kita nggak mau ekspansi dulu walaupun kelihatannya lebih visible. Mall yang agak parah sekarang karena terkena online. Jadi kita paling hati-hati justru di mall sekarang. Yang visible ke depan saya rasa rumah sakit masih yang tetap the best option," imbuh Candra.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Ciputra, Harun Hajadi mengatakan porsi recurring income saat ini sebesar 23 persen dari total pendapatan perseroan. Meski tak ada rencana ekspansi besar-besaran, namun pendapatan berulang juga diharapkan tetap tumbuh.

"Recurring income ini kebanyakan ekspansinya sifatnya organik. Jadi kita tidak secara agresif meningkatkan recurring, tetapi kita ada intensi untuk meningkatkan recurring income agar terjadi lebih seimbang dari segi revenue. Saat ini masih 23 persen kontribusinya," kata Harun.

 

3 dari 4 halaman

Ciputra Development Tebar Dividen 2022 Rp 15 per Saham

Sebelumnya, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Selasa, 27 Juni 2023. Pada rapat tersebut, pemegang saham menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 278,04 miliar.

Dividen tunai ini merupakan sekitar 14,9 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2022. "Hasil keputusan RUPS tadi pagi, dari laba bersih Rp 1,86 triliun, digunakan untuk cadangan sebesar Rp 1 miliar. Laba ditahan Rp 1,58 triliun, dan dibagikan sebagai dividen tunai Rp 278,04 miliar atau Rp 15 per saham," ungkap Direktur PT Ciputra Development Tbk, Tulus Santoso salam paparan publik perseroan, Selasa (27/6/2023).

Sepanjang 2022, Ciputra Development mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,9 triliun dari total pendapatan sebesar Rp 9,1 triliun.

Laba bersih tahun 2022 tersebut meningkat 7,4 persen jika dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya. Pendapatan tersebut diperoleh dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat sebesar Rp 7,2 triliun.

Sedangkan pendapatan dari segmen pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, kantor sewa, dan rumah sakit mencapai Rp 1,9 triliun.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pembagian Dividen

Perolehan laba bersih 2022 merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah perusahaan. Hal itu terjadi karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan pandemi Covid-19.

"Untuk jadwal pembagian dividen, cum dividen mulai 10 Juli dan pembayaran pada tanggal 25 Juli 2023," imbuh Tulus.

Berikut jadwal pembagian dividen PT Ciputra Development Tbk:

  • Cum dividen tunai di pasar reguler dan negosiasi: 10 Juli 2023
  • Ex dividen tunai di pasar reguler dan negosiasi: 11 Juli 2023
  • Recording date yang berhak atas dividen tunai: 12 Juli 2023
  • Cum dividen tunai di pasar tunai: 12 Juli 2023
  • Ex dividen tunai di pasar tunai: 13 Juli 2023
  • Pembayaran dividen tunai: 25 Juli 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini