Sukses

Tips Investasi untuk Pelajar hingga Mahasiswa ala Ajaib

Liputan6.com, Jakarta - Investasi saham bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pelajar SMA dan mahasiswa. Meskipun demikian, calon investor tersebut harus mengetahui pengetahuan terkait investasi.

Financial Expert Ajaib, Yazid Muamar mengatakan, mungkin kebanyakan masyarakat menganggap investasi itu membuat cepat kaya.

"Mungkinkah investasi itu kebanyakan ingin cepat kaya padahal yang sebenarnya tidak seperti itu,” kata Yazid dalam Seminar Merdeka Finansial di Era Digital, Kamis (18/8/2022).

Dia menambahkan, bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin investasi bisa memulai untuk menyisihkan uang jajan setiap bulan. 

"Investasi itu bisa menambah kekayaan sebenarnya, jadi harus mulai dicicil kalau bisa lakukan sisihkan uang jajan setiap bulan, menurut saya lakukan dollar cost averaging kita membeli saham dicicil setiap bulannya, tapi kalau di saham tidak ada biaya admin,” kata Yazid.

Bahkan, Yazid juga menyarankan agar calon investor juga investasi dalam bentuk pengetahuan, misalnya mengetahui mekanisme perdagangan seperti apa dan menggunakan metode apa untuk sistem keuntungan yang konsisten baik dalam trading maupun investasi.

"Saran saya kalau di saham itu untuk investor pemula ke pengetahuan, bagaimana kita tahu mekanisme perdagangan gimana kita pakai metode apa untuk sistem profit yang konsisten baik trading maupun investasi mau menjadi short term trading," ujar dia.

Selain itu, Yazid menegaskan, jika sudah mendapatkan keuangan yang lebih baik bisa diatur sebaik mungkin.

"Kita harus menemukan itu baru kalau sudah bekerja dapat bonus atau sudah umur 40 an dapet warisan kita kelola secara managable. Kita harus memanage dari sisi risiko pakai uang kecil sampai menemukan sistem profit yang konsisten baik trading dan investasi,” ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Ajaib

Yazid juga mengungkapkan, aplikasi investasi Ajaib ini bisa membantu investor terkait investasi dengan risiko tinggi maupun rendah. Ajaib juga memberikan rekomendasi saham potensial dalam aplikasinya.

"Terkait investasi yang high risk dan low risk, Ajaib membantu investor. Misalnya untuk rekomendasi saham yang potensial ada stock picks di Ajaib. Ada historynya kenapa beli saham itu, lebih ke sentimen, history ada, secara teknikal ada.  Jadi di ajaib ini cukup komplit, ada rekomendasi saham harian, di masing-masing saham ada teknikal nya ini layak apa engga, untuk trading juga ada sebetulnya,” kata dia.

Kelengkapan yang dimiliki Ajaib tersebut, sehingga kembali lagi kepada investornya bagaimana menggali aplikasi tersebut untuk investasi.

"Tinggal investornya saja mau menggali menggunakan investasi ajaib, kemudian kita ada chatnya di komunitasnya ada kita berusaha bangun community di sana,” tutur dia.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Akses

Tak hanya itu, Yazid juga mengatakan, Ajaib ini bertujuan agar masyarakat memiliki akses dan edukasi terhadap pasar modal.

"Kami ini tujuannya adalah supaya lebih akses ke pasar modal itu ada dan sebagian besar masyarakat teredukasi dan mempunyai akses ke pasar modal,” ucapnya.

Kemudian, di Ajaib kebanyakan investor adalah anak muda. Lalu, target awal Ajaib ini juga bukan pengguna lama dari sekuritas lain untuk pindah ke Ajaib, akan tetapi masyarakat Indonesia yang belum mempunyai akses atau belum berinvestasi di pasar modal.

"Makanya tidak ada minimum deposit di awal, pendaftarannya dimudahkan lewat online 100 persen,” ujar Yazid.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS