Sukses

Pengendali Gelar Penawaran Tender Saham BFIN, Catat Jadwalnya

Liputan6.com, Jakarta - Trinugraha Capital & Co SCA (TC) menggelar penawaran tender sukarela saham PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN).

Mengutip prospektus singkat yang diterbitkan pada Kamis, 20 Januari 2022, Trinugraha Capital & Co SCA akan menggelar penawaran tender sukarela sebanyak 9.131.865.960 saham BFIN. Jumlah saham itu mewakili 57,19 persen saham BFIN. Harga penawaran Rp 1.200 per saham.

Penetapan harga tersebut memperhatikan harga rata-rata dari harga tertinggi perdagangan harian saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum 20 Januari.Dengan demikian, nilai transaksi penawaran tender sukarela itu sekitar Rp 10,95 triliun.

TC memastikan perusahaan sasaran dalam hal ini BFIN akan memenuhi persyaratan pencatatan berdasarkan peraturan BEI I-A antara lain memiliki saham free float minimal 50 juta saham dan minimum 7,5 persen dari seluruh saham yang tercatat di bursa, dan memiliki minimal 300 pemegang saham yang memiliki SID yang diterbitkan KSEI.

Setelah penawaran tender sukarela dengan asumsi seluruh pemegang saham melakukan tender atas sebanyaknya 100 persen PT Trinugraha Capital Co SCA dan perusahaan sasaran dalam hal ini BFI Finance. Adapun, Trinugraha merupakan pemegang saham BFIN dengan kepemilikan 6.835.249.660 atau 42,81 persen.

Pada 20 Januari 2022, Bravo Investment Limited (BIL) dan Garibaldi Thohir atau Boy Thohir telah teken perjanjian penyertaan saham dengan Trinugraha Capital& Co SCA (SSA). Berdasarkan SSA, masing-masing BIL dan Garibaldi Thohir dengan tunduk pada pernyataan penawaran tender sukarela dinyatakan efektif oleh OJK, untuk mengambil bagian saham seri C tanpa hak suara di Trinugraha Capital.

Setelah selesainya penawaran tender sukarela dengan tunduk pada uji kemampuan dan kepatutan oleh OJK atas, Jerry Ng dan Garibaldi Thohir, saham BIL dan saham Garibaldi Thohir di Trinugraha akan dikonversi menjadi saham dengan hak suara dan Jerry Ng dan Garibaldi Thohir akan menjadi pemegang saham pengendali tidak langsung tambahan dari BFIN bersama TPG Capital Management dan Northstar Advisors Pte Ltd.

Rencana untuk perusahaan sasaran, TC berkomitmen terus mendukung perkembangan kegiatan perusahaan sasaran pada masa mendatang di bawah arahan manajemen perusahaan sasaran dan yakin TC dapat membantu perusahaan sasaran untuk capai pertumbuhan yang diharapkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Rencana

Adapun rencana TC untuk perusahaan sasaran antara lain:

-Mengarahkan bisnis perusahaan sasaran kembali ke level pra-pandemi COVID-19 dengan tetap mempertahankan kebijakan kehati-hatian untuk menekankan pada kualitas aset di tengah kondisi pandemi yang menantang.

-Memanfaatkan keahliaan dan pengetahuan lokal perusahaan sasaran untuk membangun pertumbuhan berkelanjutan dalam bisnis pembiayaan konsumen.

-Berinvestasi dalam transformasi bisnis dan menerapkan teknologi digital dalam optimalkan operasi untuk melayani klien dengan lebih baik dan perkuat daya saing untuk pertumbuhan jangka panjang.

3 dari 3 halaman

Jadwal

Jadwal penawaran tender sukarela:

-Pernyataan efektif oleh OJK pada 18 Februari 2022

-Tanggal pernyataan penawaran tender sukarela pada 21 Februari 2022

-Peirode penawaran tender sukarela pada 22 Februari-23 Maret 2022

-Perkiraan tanggal pembayaran 4 April 2022