Sukses

Yenny Wahid Paparkan Langkah Bukalapak Dukung Produk Lokal

Bukalapak juga mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dengan menyediakan wadah untuk bangga buatan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) Yenny Wahid mengatakan, perseroan memberikan ruang besar untuk produk lokal. Pelaku usaha juga dibantu untuk meningkatkan kualitas produk lokal.

"Kita memberikan ruang besar untuk produk lokal dan membantu agar produknya bisa meningkat kualitasnya. Kalau kualitas meningkat, harganya bersaing, saya rasa otomatis orang lebih suka untuk memakai produk lokal kalau kemudian timbul kesadaran untuk beli produk jual," kata Yenny Wahidsaat diskusi virtual dikutip Minggu (24/10/2021).

Selain itu, Yenny mengatakan, perseroan juga menggandeng influencer untuk bantu gerakan cinta produk lokal. Hal ini peran influencer dalam mendorong masyarakat untuk memakai produk lokal. Kemudian juga meningkatkan kapasitas Mitra untuk membuat produk lokal berkualitas.

"Kalau kemauan beli produk lokal sudah ada tapi kalau barang tidak bagus, tidak nyambung. Kita berikan pelatihan kepada Mitra agar produknya bagus misalkan baju, sepatu kualitas tidak kalah dan harga bersaing. Ciptakan ekosistem besar dalam hal ini supply chain ada kita bangun dalam proses," kata dia.

Yenny mengatakan, perlindungan produk lokal ini juga turut mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama menciptakan lapangan kerja. Ia menilai, peran UMKM menyumbang besar untuk rekrutmen tenaga kerja di Indonesia.

"Kontribusi (UMKM-red) untuk ciptakan lapangan kerja sangat besar. Kalau banyak ruang harus diperbaiki. Perhatian pemerintah untuk perhatikan UMKM besar, besar sekali. Kita sering di kasih wejangan memastikan kita bisa fasilitasi produk lokal," ujar dia.

Bukalapak juga mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dengan menyediakan wadah untuk bangga buatan Indonesia dan memberikan stimulus.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Yenny Wahid Bergabung dengan Bukalapak

Selain itu, Yenny menilai, Bukalapak sudah berada di jalur tepat untuk membantu masyakarat kecil dan menjadi entitas bisnis yang berikan perhatian terhadap hal-hal yang lokal tanpa kehilangan jati diri dan dipandang secara internasional.

"Bukalapak jalur sudah tepat, niat-in SUM sudah tepat karena ingin memberdayakan masyarakat kecil, dan kemudian menjadi local champion. Menjadi entitas bisnis yang berikan prioritas perhatian hal-hal lokal," ujar dia.

Ia menilai hal itu menarik dan menjadi alasan untuk menjadi bagian dari Bukalapak. "Buat saya ini menarik, membuat saya mau dan sangat berterima kasih diundang menjadi bagian Bukalapak karena visi sama," kata dia.

Selain itu, ia menuturkan, perseroan juga memperhatikan UMKM yang menjadi bagian penting dari ekonomi Indonesia.

"Mitra kita sekitar hampir 7 juta, itu penarik utama buat saya, karena saya berkecimpung dengan kelompok di tingkat masyarakat terbawah, desa, banyak melakukan program pemberdayaan di tingkat desa. Sekarang ada korporasi besar yang punya visi sama, memberdayakan masyarakat menjadi mitra di tingkat bawah," kata dia.

 

Reporter: Ayesha Puri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.