Sukses

Jurus Bukalapak Hadapi Persaingan di E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) menjadi salah satu perusahaan rintisan (startup) all commerce berstatus unicorn yang cukup populer di tanah air. Bukalapak menjadi perusahaan rintisan pertama berbasis teknologi yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam rangka mengakomodasi warung-warung kecil untuk naik kelas,  pada 2017 Bukalapak meluncurkan Mitra Bukalapak. President Bukalapak, Teddy Oetomo mengatakan, hal ini menjadi salah satu keunggulan Bukalapak dibandingkan pesaing yang lain.

Sebagai catatan, Teddy mengatakan, Bukalapak saat ini bergerak dalam bisnis all commerce. Sehingga jika ingin membandingkan dengan perusahaan lain, harus dibandingkan secara keseluruhan, alias tidak bisa hanya dari Bukalapak.com saja.

"Jangan dibandinginnya cuma (e-commerce) Bukalapak.com, memang strategi kita itu multiple platform. Artinya harus digabungkan sama Mitra Bukalapak dan lain-lain, jangan lihat Bukalapak-nya saja,” kata dia dalam Seminar Emtrade, Sabtu (18/9/2021).

Ia menekankan, jika strategi perusahaan disesuaikan dengan kapabilitasnya masing-masing. Sebagai gambaran, Teddy mengilustrasikannya dengan pertempuran antara Goliat dan Daud. Jika keduanya menggunakan senjata yang sama, pedang, Daud akan kalah. Sehingga Daud melawan menggunakan senjata yang dikuasainya, ketapel.

"Kita harus berinovasi. Do your SWOT analysis. Artinya waktu kita bilang melawan yang lain itu kita melawan dengan strategi kita sendiri,” ujar dia.

Adapun strategi yang dijalankan Bukalapak, antara lain; marketing di lingkup tier I city, gandeng Mitra Bukalapak, dan kembangkan multiple shares chanel. Teddy menambahkan, jika mau, perusahaan bisa saja menerapkan strategi yang sama dengan pelaku pasar di sektor yang sama. Namun, Bukalapak memilih untuk memberikan nilai, utamanya bagi Mitra Bukalapak.

"Strategi yang kita lakukan itu lebih membantu membantu UMKM di Indonesia. Kalau dilihat ini adalah daerah yang tidak terlalu dijamah sama yang lain,” ujar dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat IPO

PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia awal bulan lalu. Selain meraup dana segar dari pasar modal, Teddy Oetomo mengatakan, manajemen Perseroan kini bisa lebih fokus untuk memperbaiki fundamental.

“Artinya sekarang manajemen ini bisa fokus purely improving our performance and fundamenta without having worried,” kata dia.