Sukses

Profil Thomas Lembong, Mantan Mendag dan Kepala BKPM Kini Jabat Komut Ancol

Thomas Trikasih Lembong diangkat menjadi Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen pada RUPST PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA).

Liputan6.com, Jakarta - Pemegang saham PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) mengangkat Thomas Trikasih Lembong sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Perseroan, menggantikan Rene Suhardono Canoneo.

Hal itu disepakati pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Perseroan yang diselenggarakan Senin, (30/8/2021).

Thomas Trikasih Lembong sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 27 Juli 2016 hingga 20 Oktober 2019, menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta, 4 Maret 1971 itu merupakan Menteri Perdagangan yang menjabat sejak 12 Agustus 2015, menggantikan Rahmat Gobel.

Sebelum bergabung di kabinet, Thomas Lembong, begitu panggilan akrabnya, memiliki rekam jejak profesional yang cukup panjang. Pada 1994, Thomas Lembong memulai karier di Morgan Stanley and Company sebagai Sales and Trading Associate. Kemudian, ia bekerja di Morgan Stanley Divisi Equitas (Singapura), menjabat sebagai Senior Manager di Departemen Corporate Finance Makindo, dan Investment Banker dari Deutsche Securities Indonesia.

Antara 2002 dan 2005, Tom Lembong menjabat sebagai Division Head dan Senior Vice President di Badan Penyehatan Perbankan Indonesia (BPPN). Ia bekerja dengan Principia Management Group, dan pernah menjadi Managing Partner dan CEO di Quvat Management, sebuah pengelola dana ekuitas swasta yang didirikan pada 2006.

Thomas pernah mengenyam pendidikan dasar di Jerman pada 1974 – 1981 ketika ayahnya sedang melanjutkan studi. Pulang ke Jakarta, Thomas Lembong pun meneruskan sekolah di SD dan SMP Regina Pacis, Jakarta.

Sementara itu ketika SMA, Tom pindah ke Boston, Amerika Serikat. Dia kemudian memperoleh gelar Bachelor of Arts di bidang Arsitektur dan Tata Kota ketika lulus dari Universitas Harvard pada 1994. Ia juga terpilih sebagai Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum (WEF) 2008.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Direksi dan Komisaris

Selain pengangkatan Tom Lembong, RUPS juga mengangkat sejumlah nama baru di jajaran direksi, antara lain Suparno, Budi Santoso, dan Wing Antariksa.

Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris: Komisaris Utama dan Independen: Thomas Trikasih Lembong

Komisaris: Trisna Muliadi

Komisaris: Geisz Chalifah

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Teuku Sahir Syahali

Direktur: Febrinia Intan

Direktur: Suparno

Direktur: Budi Santoso

Direktur: Wing Antariksa

Sebelumnya susunan komisaris dan direksi perseroan antara lain:

Komisaris Utama: Rene Suhardono Canoneo

Komisaris: Trisna Muliadi

                  Geisz Chalifah

 

Direktur Utama: Teuku Sahir Syahali

Direktur: Bertho Darmo Poedjo Asmanto

               Hari Sundjojo

                Febrina Intan

                Agus Sudarno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.