Sukses

Terima Saham Deere, Melinda Gates Genggam Aset Senilai Rp 42,65 Triliun

Liputan6.com, New York - Cascade Investment, perusahaan investasi yang didirikan Bill Gates mentransfer saham Deere and Co kepada Melinda French Gates. Dengan demikian, total nilai transfer saham yang diterima Melinda Gates mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 42,65 triliun (asumsi kurs Rp 14.217 per dolar AS).

Berdasarkan pengajuan kepada regulator, Cascade Investment transfer sekitar 2,25 juta saham senilai USD 851 juta atau sekitar Rp 12,09 triliun.

Sebelumnya Melinda Gates telah menerima saham Coca Cola Femsa, Grupo Televisa, dan saham di Canadian National Railway Co dan AutoNation Inc mencapai USD 1,8 miliar.

Pemisahan harta pasangan tersebut melibatkan transfer kekayaan dalam skala yang jarang terlihat. Cascade yang dikelola oleh Michael Larson ini memiliki sejumlah portofolio investasi termasuk di saham, private equity, energi, hotel dan modal ventura. Cascade mengendalikan USD 52 miliar dalam kepemilikan saham. Pasangan Gates termasuk pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat.

Terkait saham Deere yang ditransfer ke Melinda, Deere merupakan produsen mesin pertanian. Cascade salah satu pemegang saham terbesarnya yang mengenggam lebih dari 10 persen senilai USD 11,9 miliar. Demikian dilansir dari the edge market, Sabtu, (15/5/2021).

Data Bloomberg menunjukkan kepemilikan saham terbesar di perusahaan pengumpulan limba Republic Services Inc mencapai USD 12 miliar.

Adapun perceraian Bill dan Melinda Gates terjadi setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan Mackenzie Scott pada 2019. Mackenzie menerima seperempat dari 16 persen saham Bezos di Amazon.

Scott sekarang menjadi perempuan terkaya keempat di dunia dan menjadi salah satu pendonor paling produktif pada 2020. Sumbangan itu berkontribusi pada kesetaraan gender bersama French Gates.

Berdasarkan indeks Bloomberg Billionare, kekayaan Gates bernilai sekitar USD 145 miliar, dan perceraian Gates akan lebih rumit ketimbang aset Bezos yang sebagian besar terkonsentrasi di saham Amazon.

2 dari 3 halaman

Cascade Investment Transfer Saham kepada Melinda Gates

Sebelumnya, Cascade Investment, perusahaan induk yang dibuat Bill Gates yang dibuat dari hasil penjualan saham dan dividen Microsoft mentransfer saham senilai lebih dari USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,98 triliun (asumsi kurs Rp 14.433 per dolar AS) kepada Melinda French Gates. Transfer itu dilakukan usai pasangan itu mengumumkan perceraian setelah 27 tahun menikah.

Melinda Gates sekarang pemilik manfaat dari 14,1 juta saham Canadian National Railway Co senilai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,65 triliun. Hal itu berdasarkan pengajuan ke regulator pasar modal Amerika Serikat atau a Securities and Exchange Commission pada 3 Mei 2021.

Cascade juga transfer 2,94 juta saham di AutoNation Inc senilai USD 309 juta atau sekitar Rp 4,45 triliun. Demikian mengutip yahoo finance, ditulis Kamis (6/5/2021).

Melalui Cascade, Bill Gates berinvestasi di real real estate, sektor energi dan perhotelan. Selain itu, Gates memiliki saham di banyak perusahaan public termasuk Deere and Co, Republic Services Inc.

Pasangan Gates ini juga di antara pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat. Menurut Bloomberg Billionares Index, Gates memiliki kekayaan sekitar USD 145,4 miliar atau sekitar Rp 2.098 triliun.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini