Sukses

Temasek hingga Softbank Tertarik IPO JD Logistics

Liputan6.com, Jakarta - JD Logistics Inc. berhasil menarik SoftBank Vision Fund dan Temasek Holdings Pte sebagai investor dalam penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) di Hong Kong.

Tak hanya itu, dilansir dari Bloomberg, Sabtu (15/5/2021), Blackstone Group Inc. dan Tiger Global juga berkomitmen untuk membeli saham dalam penawaran IPO tersebut. 

Menurut pihak yang mengetahui rencana tersebut, SoftBank Vision Fund disebutkan akan menginvestasikan USD 600 juta atau sekitar 40 persen dari saham senilai USD 1,5 miliar. Besaran ini sekaligus menjadikan SoftBank Vision Fund sebagai salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan setelah induknya, JD.com Inc.

Temasek mendaftar untuk membeli saham IPO senilai USD 220 juta. China Chengtong Holdings Group Ltd., Matthews Asia dan Oaktree Capital juga telah setuju untuk membeli saham perusahaan.

JD Logistics menargetkan untuk mengumpulkan sebanyak USD 3,5 miliar atau sekitar Rp 49,92 triliun (asumsi kurs Rp 14.264 per dolar AS) dalam penjualan saham pertama kali dan akan mulai menerima pesanan secepatnya minggu depan.

2 dari 3 halaman

IPO Terbesar Kedua

Ini akan menjadi IPO terbesar kedua di Hong Kong tahun ini, setelah pencatatan Kuaishou Technology senilai USD 6,2 miliar pada Februari 2021.

Adapun menurut prospektus awal, Bank of America Corp, Goldman Sachs Group Inc. dan Haitong International Securities Group Ltd. adalah sponsor bersama dari penawaran tersebut. Saat ini, JD Logistics masih menyelesaikan persyaratan penawaran yang rinciannya masih bisa berubah., kata sumber.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini