Sukses

Adhi Commuter Mulai Tawarkan Obligasi pada 11 Mei 2021, Cek Bunganya

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Commuter Properti menetapkan bunga hingga 11 persen untuk obligasi I Tahun 2021 senilai Rp 500 miliar.

PT Adhi Commuter Properti menerbitkan obligasi Rp 500 miliar untuk dua seri yang dijamin secara kesanggupan penuh. Pertama, seri A dengan jumlah pokok obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 328 miliar dengan tingkat bunga tetap 10,50 persen per tahun. Obligasi ini berjangka waktu 367 hari kalender sejak tanggal emisi.

Kedua, seri B dengan jumlah pokok obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 9 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 11 persen per tahun. Obligasi ini berjangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Sisa dari jumlah obligasi yang ditawarkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp 163 miliar pada obligasi seri A dan seri B akan dijamin secara kesanggupan terbaik (best effort). Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka atas sisa yang tidak terjual tersebut tidak menjadi kewajiban perseroan untuk menerbitkan obligasi tersebut.

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan, dengan bunga obligasi pertama akan dibayarkan pada 20 Agustus 2021. Sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi akan dibayarkan pada 27 Mei 2022 untuk obligasi seri A dan 20 Mei 2024 untuk obligasi seri B.

"Pelunasan masing-masing seri obligasi akan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo," demikian mengutip dari tambahan prospektus singkat yang diterbitkan, Senin (10/5/2021).

Adapun obligasi tersebut tidak dijamin dengan suatu jaminan khusus. Namun, dijamin dengan seluruh harta kekayaan perseroan baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak, baik yang telah ada, maupun yang akan ada di kemudian hari sesuai dengan ketentuan dalam pasal 1131 dan 1132 kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Hak pemegang obligasi adalah paripasu tanpa preferen dengan hak-hak kreditur perseroan lain baik yang ada sekarang dan di kemudian hari kecuali hak kreditur perseroan yang dijamin secara khusus dengan kekayaan perseroan.

Perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan atas obligasi dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) idBBB. Obligasi akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi masing-masing PT Sucor Sekuritas dan PT Aldiracita Sekuritas Indonesia. Sedangkan yang bertindak sebagai wali amanat yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

2 dari 3 halaman

Jadwal Penawaran Obligasi

Jadwal penawaran obligasi antara lain pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 7 Mei 2021. Masa penawaran umum dilakukan pada 11 dan 17 Mei 2021, tanggal penjatahan pada 18 Mei 2021. Kemudian tanggal distribusi obligasi dan obligasi subordinasi secara elektronik pada 20 Mei 2021 dan pencatatan di BEI pada 21 Mei 2021.

Adapun penggunaan dana hasil penjualan obligasi ini sebagian besar akan dialokasikan untuk penyempurnaan akuisisi lahan yang dimiliki ACP saat ini.

"Ada empat area yang kita sempurnakan. Pertama itu sebagian besar adalah pengembangan di Bogor, kemudian yang kedua ada projek di Bekasi, ketiga di Tangerang dan keempat lokasinya ada di Cibubur Depok,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis ACP, Rozi Sparta pada 15 April 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini