Sukses

Bitcoin Makin Populer, Kenali Penyimpanan dan Risikonya

Pada pekan ini, Tesla mengumumkan akan segera menggunakan bitcoin sebagai pembayaran untuk kendaraannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin kini makin dikenal dan mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak setelah bertahun-tahun tampaknya orang skeptis terhadap bitcoin. Pada pekan ini, Tesla mengumumkan akan segera menggunakan bitcoin sebagai pembayaran untuk kendaraannya.

Selain itu, Tesla juga membeli bitcoin senilai USD 1,5 miliar untuk alternatif investasi selain dana tunai. Sementara itu, Uben dan Mastercard juga berencana untuk menerima bitcoin. BNY Mellon, salah satu bank tertua di Amerika Serikat juga mengumumkan membentuk unit aset digital.

Jika Anda selama ini mengabaikan bitcoin karena berpikir itu mungkin hanya tren keuangan, mungkin ini mulai saatnya memperhatikan mengenai bitcoin.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang bitcoin seperti dilansir dari CNN, Minggu, (14/2/2021):

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang krip yang dibuat pada 2009 oleh orang tak dikenal menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Transaksi bersifat anonim dan dilakukan tanpa broker dan perantara.

Anda tidak dapat menggunakan bitcoin secara fisik karena ini mata uang digital. Selain itu terdesentralisasi, yang artinya tidak dapat dikendalikan oleh bank dan pemerintah.

Saat ini bitcoin digunakan dari mana saja dari Overstock.com hingga PayPal. Banyak orang melihat bitcoin sebagai investasi. Bitcoin telah mencapai level tertinggi sepanjang masa mencapai USD 49.000.

3 dari 6 halaman

Di Mana Dapat Beli Bitcoin?

Bitcoin merupakan 100 persen digital. Pasar yang disebut “bitcoin exchanges” memungkinkan orang untuk membeli dan menjual bitcoin menggunakan mata uang tradisional berbeda. Coinbase termasuk bursa terkemuka bersama Coinmama, CEX.ICO dan Gemini sebagai tempat transaksi bitcoin.

4 dari 6 halaman

Di Mana Dapat Simpan Bitcoin?

Bitcoin disimpan dalam dompet digital baik di cloud dan komputer. Ini seperti memiliki rekening bank virtual. Akan tetapi, tidak seperti rekening bank, bitcoin yang disimpan tidak diasuransikan oleh FDIC.

5 dari 6 halaman

Lalu Apa Hubungannya dengan Elon Musk?

CEO Tesla Elon Musk mendukung mata uang digital bitcoin sehingga membuat harga bitcoin melonjak. “Saya pikir (bitcoin-red) berada di ambang penerimaan yang luas oleh orang-orang,” ujar Musk dalam wawancara dengan Clubhouse. Kemudian Tesla mengumumkan kalau perseroan membeli bitcoin senilai USD 1,5 miliar.

6 dari 6 halaman

Apakah Bitcoin Aman?

Mata uang kripto sangat mudah berubah, dan sangat berisiko. Misalkan pada Januari, nilai bitcoin naik menjadi USD 42.000 turun menjadi USD 30.000. Lalu naik lagi menjadi USD 40.000 semua terjadi dalam satu minggu.

Kemudian ada risiko lainnya seperti server yang diretas, file yang terhapus, dan kata sandi yang hilang sehingga dana dapat hilang selamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Tesla