Sukses

Akuisisi Pabrik Samator Perkuat Pasar Aneka Gas Industri

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) berencana akuisisi aset pabrik gas milik PT Samator senilai Rp 683,396 miliar. 

Direktur Utama AGII Rachmat Harsono mengatakan, perusahaan akan menggunakan kas internal dan juga pinjaman perbankan untuk merampungkan transaksi akuisisi aset tersebut.

"Pembiayaan untuk akuisisi ini sebagian dari dana internal kami. Sebagian dari bank,” ujar Rachmat dalam diskusi virtual, ditulis Jumat, (22/1/2021).

Rachmat mengatakan, sejak AGII IPO pada sekitar 2016-2016, perseroan berencana akuisisi pabrik Samator. Namun,saat itu terkendala beberapa klien yang terlibat dalam aset tersebut. 

“Untuk itu kita menunggu beberapa tahun sampai klien tersebut kontraknya sudah bisa diperpanjang dengan nama Aneka Gas baru kita alihkan,” kata Rachmat.

 

2 dari 3 halaman

Perkuat Pasar

Rachmat menambahkan, akuisisi ini dinilai akan memperkuat pangsa pasar AGII. Selain itu, juga dapat meningkatkan pendapatan bersih sekaligus mendongkrak marjin kotor maupun marjin laba bersih AGII secara keseluruhan.

"Impactnya akan sangat bagus karena kita secara operation lebih mudah, cost juga akan lebih gampang ngontrolnya. Jadi profit margin yang kita harapkan bakal lebih tebal dari tahun 2020 dan 2019,” kata dia.

Rachmat memperkirakan, usai akuisisi aset milik Samator market share AGII bisa sekitar hampir 10 persen.

Sebagai informasi, objek transaksi AGII terdiri dari pabrik Cikande yang berlokasi di Banten dan pabrik Gresik di Jawa Timur. Kedua pabrik gas tersebut saat ini merupakan aset-aset yang paling produktif dalam grup Samator.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini